EKSPLORASI NILAI-NILAI ISLAMI DI PERMUKIMAN NELAYAN SUKU MANDAR LERO KECAMATAN SUPPA KABUPATEN PINRANG = Exploration Of Islamic Values In The Fishing Settlement Of Mandar Lero Tribe, Suppa Subdistrict Pinrang Regency


Muhammadiah, Muhammad Jabir (2022) EKSPLORASI NILAI-NILAI ISLAMI DI PERMUKIMAN NELAYAN SUKU MANDAR LERO KECAMATAN SUPPA KABUPATEN PINRANG = Exploration Of Islamic Values In The Fishing Settlement Of Mandar Lero Tribe, Suppa Subdistrict Pinrang Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D042171016_tesis_cover1.jpg

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D042171016_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D042171016_tesis_dp.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D042171016_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Muhammad Jabir Muhammadiah. Eksplorasi Nilai-Nilai Islami Di Permukiman Nelayan Suku Mandar Lero, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang (dibimbing oleh Idawarni Asmal, Edward Syarif)
Nilai-nilai Islami yang terkandung dalam ajaran agama Islam adalah suatu ajaran akhlaq bersifat abstrak dan konkrit yang bersifat verbal dan non verbal, hal ini dapat diungkapkan pada ekspresi non fisik dan fisik dalam permukiman dan rumah tinggal sesuai tuntunan Al-Quran dan Hadist. Demikian yang terlihat di permukiman nelayan Suku Mandar Lero, bahwa bentuk permukiman yang dipengaruhi oleh nilai-nilai Islami secara fisik dan non fisik dengan keterkaitan antara lima elemen pembentuk permukiman yaitu nature, man, society, shell, networks. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memahami makna nilai-nilai Islami di permukiman nelayan Suku Mandar Lero, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang dikaitkan dengan lima elemen pembentuk permukiman yaitu nature, man, society, shell, networks. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, penggalian data melalui wawancara mendalam pada narasumber dan observasi, kemudian hasilnya dianalisis berdasarkan dua unsur utama yaitu nilai-nilai Islami dan hubungan dengan lima elemen pembentuk permukiman ditinjau dari aspek fisik dan non fisik permukimannya. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hubungan antara nilai-nilai Islami dengan lima elemen pembentuk permukiman sangat terkait dengan kebersihan, penggunaan material lokal, solidaritas kekeluargaan dan individu, solidaritas bertetangga dan makna pesta adat sayyang pattud’du (kuda menari), keberadaan masjid dan fasilitas umum dalam permukiman, jaringan utilitas permukiman. Penelitian ini dapat menjadi referensi dalam perencanaan dan pembangunan permukiman serta rumah tinggal berdasarkan nilai-nilai Islami.
Keywords : Elemen Pembentuk Permukiman; Nilai-Nilai Islami; Permukiman Mandar Lero; Pinrang

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2022 01:34
Last Modified: 28 Mar 2022 01:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14613

Actions (login required)

View Item
View Item