ANALISIS PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) LASINRANG KABUPATEN PINRANG


Nugraha, A. Aan (2022) ANALISIS PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) LASINRANG KABUPATEN PINRANG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
E12115511_skripsi_Cover1.jpg

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
E12115511_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (605kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
E12115511_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
E12115511_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lasinrang Kabupaten Pinrang. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lasinrang Kabupaten Pinrang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memfokuskan pada data yang diambil melalui wawancara, observasi lapangan, maupun dokumen terkait yang didapatkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lasinrang Kabupaten Pinrang telah menerapkan konsep pelayanan prima dilihat dari indikator moral, prosedur, waktu, biaya, dan sarana/prasarana. (2) indikator yang mendapatkan banyak pujian dari masyarakat adalah indikator moral, biaya, dan sarana/prasarana. (3) Indikator yang masih perlu untuk ditingkatkan adalah waktu dan prosedur. (4) Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pelayanan kesehehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lasinrang Kanupaten Pinrang diantaranya faktor pendukung yakni Dukungan anggaran dari pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat; Komitmen pimpinan dan seluruh staf dalam upaya pencapaian peningkatan pelayanan; Peraturan perundang-undangan yang mendukung; Undang-undang No. 44 Tahun 2009 kewajiban akreditasi; Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan semakin tinggi; Kemajuan teknologi kedokteran semakin tinggi; Prestasi yang menjadi dorongan bagi seluruh petugas pelayanan untuk tetap terus meningkatkan kompetensi mereka.. Sedangkan faktor penghambat yakni Belum optimalnya SIM Rumah Sakit dalam pengintegrasian pelayanan rumah sakit; Keterbatasan SDM kesehatan yang menguasai IT; Proses publikasi informasi yang belum merata ke seluruh lapisan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 28 Mar 2022 01:29
Last Modified: 28 Mar 2022 01:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14604

Actions (login required)

View Item
View Item