STRATEGI NAFKAH NELAYAN PASCA REKLAMASI CPI DI KELURAHAN MACCINI SOMBALA KEC. TAMALATE MAKASSAR


Azis, Muh.anwar (2022) STRATEGI NAFKAH NELAYAN PASCA REKLAMASI CPI DI KELURAHAN MACCINI SOMBALA KEC. TAMALATE MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
E41116503_skripsi_Cover1.jpg

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
E41116503_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (933kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
E41116503_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
E41116503_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak reklamasi terhadap nafkah nelayan dan bagaimana cara mengatasi atau memenuhi kebutuhan hidup para nelayan tersebut serta mengetahui strategi apa saja yang mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya di Kelurahan Maccini Sombala Kecamatan Tamalate
Pada dasarnya tipe penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. ditujukan untuk mendeskripsikan suatu keadaan atau fenomena-fenomena apa adanya. Dalam studi ini, peneliti tidak melakukan manipulasi atau memberikan perlakuan khusus terhadap objek penelitian, semua kegiatan atau peristiwa berjalan apa adanya. Pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu penarikan informan dilakukan secara sengaja dengan kriteria tertentu yakni telah tinggal di Kampung Muallaf sekitar 1 tahun baik muallaf maupun bukan, dan tokoh masyarakat. Informan tersebut berjumlah 7 (tujuh) orang. Secara khusus mereka dianggap memahami betul dan dapat memberikan informasi yang benar berkaitan dengan masalah penelitian. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumen yang berkenaan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat penurunan pendapatan di karenakan adanya Reklamasi CPI yang mengakibatkan para nelayan harus mecari pekerajaan lain atau beralih pofesi dikarenakan hasil yang didapat dari menjadi nelayan tidak mencukupi kebutuhan keluarga disamping itu pula karena adanya reklamasi mengakibatkan para nelayan yang tetap bertahan menjadi nelayan mengaku cukup kesulitan untuk menangkap ikan itu di sebabkan oleh adanya pengerukan bagian pinggir pantai yang mengakibatkan bagian pinggir pantai menjadi dalam dan hewan hewan seperti ikan kehilangan tempat tinggal dan mati maka dari itu para nelayan harus mencari ikan dilokasi yang lebih jauh lagi dari biasanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Sosial
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 28 Mar 2022 00:46
Last Modified: 28 Mar 2022 00:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14561

Actions (login required)

View Item
View Item