KATA SERAPAN BAHASA ARAB DALAM BAHASA INDONESIA "ANALISIS FONOLOGI"


Nur, Athira (2022) KATA SERAPAN BAHASA ARAB DALAM BAHASA INDONESIA "ANALISIS FONOLOGI". Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
F11115313_skripsi_Cover1.jpg

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
F11115313_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
F11115313_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
F11115313_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

ATHIRAH NUR. Kata Serapan Bahasa Arab dalam Bahasa Indonesia : Analisis Fonologis. (dibimbing oleh Hasan Ali dan Nurhayati)

Penelitian ini bertujuan menjelaskan proses perubahan fonem kata bahasa Arab dalam bahasa Indonesia, gejala perubahan fonem apa saja pada kata bahasa Arab dalam bahasa Indonesia, dan alasan bahasa Indonesia menyerap kosakata bahasa Arab dan mendeskripsikan proses perubahan fonem yang terjadi pada kata bahasa Arab dalam bahasa Indonesia, gejala-gejala perubahan fonem kata bahasa Arab dalam bahasa Indonesia, dan alasan penyerapan kosakata bahasa Arab dalam bahasa Indonesia.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fonologis. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode simak dengan teknik catat. Populasi dalam penelitian ini, yaitu semua kosakata serapan bahasa Arab dalam bahasa Indonesia yang ada dalam Kamus Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia. Sampel yang digunakan berjumlah 40 kosakata serapan yang dianalisis dari semua populasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perubahan fonem kata bahasa Arab dalam bahasa Indonesia terdiri dari perubahan vokal /a/ menjadi /e/, perubahan fonem vokal rangkap dan/atau diftong menjadi vokal tunggal atau monoftong, perubahan fonem vokal, ganda menjadi vokal tunggal, perubahan fonem konsonan ganda (geminasi), perubahan gugus konsonan dan/atau deretan konsonan biasa, selain itu adapun gejala perubahan fonem pada kata bahasa Arab dalam bahasa Indonesia terdiri dari gejala penghilangan bunyi (aferesis, sinkop, apokop, reduksi konsonan rangkap, kompresi), gejala penambahan bunyi (efentesis, paragog). Adapun alasan penyerapan kosakata bahasa Arab dalam bahasa Indonesia terdiri dari kurangnya kemampuan bahasa sendiri, istilah asing lebih mudah mencapai kesepakatan, dorongan gengsi, penyebaran agama Islam, melalui jalur pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 23 Mar 2022 06:25
Last Modified: 23 Mar 2022 06:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14518

Actions (login required)

View Item
View Item