ANALISIS KEKUATAN IMPAK FENDER PADA KAPAL LAUT DENGAN VARIASI PENAMPANG MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA BERBASIS SOFTWARE ABAQUS = ANALYSIS OF FENDER IMPACT STRENGTH ON MARINE SHIPS WITH CROSS SECTION VARIATIONS USING FINITE ELEMENT METHOD BASED ON ABAQUS SOFTWARE


Ukhrawi, Za`im (2022) ANALISIS KEKUATAN IMPAK FENDER PADA KAPAL LAUT DENGAN VARIASI PENAMPANG MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA BERBASIS SOFTWARE ABAQUS = ANALYSIS OF FENDER IMPACT STRENGTH ON MARINE SHIPS WITH CROSS SECTION VARIATIONS USING FINITE ELEMENT METHOD BASED ON ABAQUS SOFTWARE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D21116304_skripsi_cover1.jpg

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D21116304_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D21116304_skripsi_dp.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D21116304_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ZA`IM UKHRAWI. Analisis Kekuatan Impak Fender Pada Kapal Laut Dengan Variasi Penampang Menggunakan Metode Elemen Hingga Berbasis Software Abaqus (dibimbing oleh Fauzan, ST., MT., Ph.D, dan Dr. Ir. H. Ilyas Renreng, MT)
Tubrukan kapal memberi dampak yang cukup signifikan terhadap kekuatan struktur kapal yang erat hubungannya dengan keamanan kapal. Peraturan keselamatan pelayaran atau Safety Of Life At Sea (SOLAS) adalah peraturan yang mengatur keselamatan maritim paling utama dengan tujuan untuk meningkatkan jaminan keselamatan hidup di laut yang dimulai sejak 1914, mengingat, saat itu, di mana-mana banyak terjadi kecelakaan kapal yang menelan banyak korban jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tegangan hasil impak, dan kemampuan menyerap energi pada fender kapal berbahan aluminium.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode simulasi komputerisasi dengan bantuan software Abaqus untuk mendapatkan kekuatan optimum. Simulasi komputerisasi ini dilakukan dengan pemodelan pada software Abaqus dengan 8 variasi model penampang. Aluminium yang digunakan ialah Aluminim 2024 dengan ketebalan 8 mm.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pengguanaan aluminium pada fender dengan variasi penampang menghasilkan nilai tegangan yang bervariatif, namun tegangan maksimum diperoleh dari variasi penampang 02 yaitu sebesar 443.6 MPa. Penyerapan energi paling besar terdapat pada fender aluminum dengan variasi penampang 04 dengan nilai yang cukup besar yaitu 11,059.40 Joule.
Keywords : Fender kapal, impak, penyerapan energi, ABAQUS CAE

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Mar 2022 01:51
Last Modified: 23 Mar 2022 01:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14492

Actions (login required)

View Item
View Item