ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK LALU LINTAS PADA RUAS JALAN ARTERI TIPE 4/2 D DI KOTA MAKASSAR = ANALYSIS OF THE RELATIONSHIP OF TRAFFIC CHARACTERISTICS ON ARTERIAL ROAD TYPE 4/2 UD IN MAKASSAR CITY


Arfianty, Devy (2022) ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK LALU LINTAS PADA RUAS JALAN ARTERI TIPE 4/2 D DI KOTA MAKASSAR = ANALYSIS OF THE RELATIONSHIP OF TRAFFIC CHARACTERISTICS ON ARTERIAL ROAD TYPE 4/2 UD IN MAKASSAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D11116523_skripsi_cover1.jpg

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D11116523_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D11116523_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D11116523_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Kondisi ruas jalan biasanya dinyatakan dalam ukuran parameter kinerja tertentu, misalnya: arus (volume) lalu lintas, kepadatan, dan kecepatan. Hasil pengukuran masing-masing parameter kinerja ruas jalan dapat digunakan untuk mencari hubungan antara parameter yang dinyatakan dalam persamaan matematik. Berdasarkan hal tersebut, kami mencoba mengkaji model arus lalu lintas pada ruas Jalan Urip Sumohardjo, Jalan Dr. Ratulangi dan Jalan Sultan Alauddin. Tujuan penelitian ini adalah :1) Mencari model Matematis antara Kecepatan-Kepadatan, Volume (Arus)-Kecepatan dan Volume (Arus)–Kepadatan 2) Memilih model yang paling sesuai dengan kondsisi lalu lintas yang ada. Hasil penelitian menunjukkan Arus puncak yang terjadi pada Jalan Urip Sumohardjo arah Fly Over sebesar 3268,6 smp/jam pukul 17.00-18.00 WITA di hari Selasa dengan kecepatan sebesar 33,72 km/jam dengan tingkat kepadatan sebesar 75,7 smp/km. Arus puncak pada arah Veteran sebesar 2460,7 smp/jam pukul 17.00-18.00 WITA di hari Selasa dengan Kecepatan 36,12 km/jam dan tingkat kepadatan 48,9 smp/km. Volume puncak Jalan Dr. Ratulangi arah Ratulangi 1304,6 smp/jam pukul 16.00-17.00 WITA di hari Kamis. Kecepatan 32,30 km/jam, tingkat kepadatan 33,5 smp/km. Arus puncak arah Karebosi 1291,2 smp/jam pukul 17.00-18.00 WITA di hari Sabtu. Kecepatan 34,68 km/jam, tingkat kepadatan 46,9 smp/km. Arus puncak Jalan Sultan Alauddin arah Gowa sebesar 1864,9 smp/jam pukul 16.00-17.00 WITA di hari Minggu. Kecepatan 37,82 km/jam tingkat kepadatan 46,9 smp/km. Arus puncak di arah Alauddin 2560,9 smp/jam pukul 13.00-14.00 WITA di hari Selasa. Kecepatan sebesar 43,97 km/jam dengan tingkat kepadatan 73,6 smp/km. Model hubungan antara karakteristik lalu lintas yang sesuai dengan kondisi aktual Jalan Urip Sumohardjo adalah model Greenberg dengan (r) = 0,803. Untuk jalan Dr. Ratulangi adalah model Underwood dengan (r) = 0,687. Dan untuk jalan Sultan Alauddin adalah model Greenberg dengan (r)=0,857
Kata Kunci: Model Hubungan, Volume (Arus), Kecepatan, Kepadatan, Greenshield, Greenberg, dan Underwood.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Mar 2022 02:37
Last Modified: 22 Mar 2022 02:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14465

Actions (login required)

View Item
View Item