Studi Kekuatan Lekatan Tulangan Beton pada Material Grouting = Study of Concrete Reinforcement Bond Strength on Grouting Material


Amri, Khaerul (2022) Studi Kekuatan Lekatan Tulangan Beton pada Material Grouting = Study of Concrete Reinforcement Bond Strength on Grouting Material. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D11116013_skripsi_cover1.jpg

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D11116013_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D11116013_skripsi_dp.pdf

Download (563kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D11116013_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu dasar anggapan yang digunakan dalam perencanaan dan analisis struktur beton bertulang adalah lekatan batang tulangan baja dengan beton yang mengelilinginya berlangsung sempurna tanpa terjadi penggelinciran atau pergeseran.
Mutu beton merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi daya lekatan antara tulangan dengan beton di sekelilingnya, dimana beton mutu tinggi mempunyai karakteristik kuat tekan yang besar, tetapi getas. Hal ini akan sangat mempengaruhi daya lekatan yang terjadi pada tulangan dengan beton di sekelilingnya dalam menahan beban yang bekerja, terutama gaya aksial yang bersifat tarik.
Cara paling mudah untuk mengetahui perilaku dan mekanisme bond antara beton dan tulangan ialah dengan melakukan pengujian cabut (pull-out test) pada tulangan yang ditanam di dalam beton. Dari pengujian ini dapat diketahui besarnya gaya cabut dan tegangan lekat (bond stress) rata-rata yang bekerja pada luas bidang kontak antara beton dan tulangan.
Sika grout-215 digunakan sebagai bahan grouting untuk lubang atau celah pada, angkur, baut, pondasi mesin/alas plat kolom, landasan tumpuan jembatan, bagian beton pracetak, rongga-rongga cetakan dan untuk perbaikan.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sika grout sebagai pengganti beton pada pengujian pullout.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh diameter tulangan dan kuat tekan beton terhadap kuat tegangan lekat pada pengujian pullout.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi eksperimental dengan benda uji sebanyak 6 buah, yang dibagi atas variasi grouting beton dengan tulangan ulir diameter 13 mm dan 16 mm dan beton normal dengan variasi tulangan ulir diameter 13 mm dan 16mm. Hasil pengujian pullout memperlihatkan nilai tegangan lekat variasi grouting beton dengan tulangan ulir diameter 13 mm dan 16 mm dan beton normal dengan variasi tulangan ulir diameter 13 mm dan 16mm secara berturut-turut adalah 10,946 MPa, 11,409 MPa, 5,144 MPa, 7,559 MPa.
Keywords : sika grout, tulangan ulir, tegangan lekat, pullout

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Mar 2022 02:25
Last Modified: 22 Mar 2022 02:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14450

Actions (login required)

View Item
View Item