ANALISIS MINAT DAN KESIAPAN LULUSAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS HASANUDDIN BEKERJA DI BIDANG PERTANIAN = Analysis of Interests and Readiness of Graduates of the Faculty of Agriculture Hasanuddin Univercity to Work in Agriculture


Febriani, Febriani (2022) ANALISIS MINAT DAN KESIAPAN LULUSAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS HASANUDDIN BEKERJA DI BIDANG PERTANIAN = Analysis of Interests and Readiness of Graduates of the Faculty of Agriculture Hasanuddin Univercity to Work in Agriculture. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021171528_skripsi_Cover1.jpg

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021171528_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021171528_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (705kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021171528_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

FEBRIANI. Analisis Minat dan Kesiapan Lulusan Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin Bekerja di Bidang Pertanian, dibawah bimbingan Prof. Dr.Ir. Muslim Salam, M.Ec dan Ni Made Viantika S, S.P., M.Agb.
Dalam konteks pertanian, penyediaan kesempatan kerja masih memungkinkan tertampung pada berbagai jenis dan bentuk pertanian. Adapun penyerapan tenaga kerja nasional pada bidang pertanian tidak terbantahkan memiliki kontribusi 35,5%. Meskipun demikian, faktanya sektor pertanian tidak mampu menarik generasi muda untuk berkarir atau bekerja di bidang pertanian terutama lulusan fakultas pertanian itu sendiri. Sejatinya lulusan Fakultas Pertanian diharapkan dapat berkontribusi dan mampu mengembangkan pertanian mulai dari hulu hingga hilir dengan ilmu yang dimilikinya Namun kenyataannya tidak semua lulusan Fakultas Pertanian mempunyai keinginan bekerja di bidang pertanian untuk mengembangkan dan memanfaatkan latar belakang pendidikan dan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat dan kesiapan serta menganalisi tingkat kesiapan lulusan fakultas pertanian bekerja di bidang pertanian. Menggunakan analisis kuantitatif diolah dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang menggunakan aplikasi Partial Least Square (PLS) 3.0. dengan jumlah sampel 85 responden yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertimbangan pasar kerja, dan pendapata, signifikan terhadap minat. Sedangka pertimbangan pasar kerja dan motivasi signifikan terhadap kesiapan. Kemudian keterampilan dan motivasi tidak signifikan terhadap minat. Sedangkan keterampilan dan pendapatan tidak signifikan terhadap kesiapan. Adapun variabel pertimbangan pasar kerja, keterampilan, motivasi dan pendapatan mempengaruhi kesiapan sebesar 54,5% dan minat sebesar 36%.
Kata kunci: Faktor-faktor yang mempengaruhi minat dan kesiapan, Lulusan Fakultas Pertanian, Structural Equation Modeling (SEM)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:20
Last Modified: 18 Mar 2022 06:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14380

Actions (login required)

View Item
View Item