ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP BERAS DI KOTA MAKASSAR (Studi Kasus Pasar Tradisional Terong, Pasar Tradisional Pannampu, Pasar Tradisional Daya) = Analysis of Consumer Preferences for Rice in Makassar City. (Case Studies: Eggplant Traditional Market, Pannampu Traditional Market, Daya Traditional Market).


Resky, R. Aulia Faradhiba (2022) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP BERAS DI KOTA MAKASSAR (Studi Kasus Pasar Tradisional Terong, Pasar Tradisional Pannampu, Pasar Tradisional Daya) = Analysis of Consumer Preferences for Rice in Makassar City. (Case Studies: Eggplant Traditional Market, Pannampu Traditional Market, Daya Traditional Market). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021171522_skripsi_Covr1.jpg

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021171522_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021171522_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021171522_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang, beras merupakan bahan makanan pokok yang sangat penting dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat, terutama di Indonesia. Kebiasaan masyarakat dalam mengonsumsi beras sudah menjadi budaya sehinga sulit untuk mengganti beras dengan makanan pokok lainnya. Beras yang tersedia di pasaran terdiri beberapa jenis dengan karakteristik yang berbeda-beda. Adanya produk beras yang beragam membuat konsumen memilih beras sesuai dengan kebutuhannya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui atribut beras yang menjadi preferensi konsumen di kota Makassar, untuk mengetahui atribut yang paling di pertimbangkan konsumen dalam keputusan membeli beras di kota Makassar, serta untuk menganalisis tingkat keakuratan prediksi antara hasil estimasi dengan hasil aktual pada proses conjoint. Penelitian ini dilakukan di Kota Makassar pada tiga pasar tradisional yang berbeda yang dilakukan pada bulan Juli hingga Agustus 2021. Pada penelitian digunakan metode analisis data conjoint untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen terhadap suatu produk dan untuk membantu mendapatkan kombinasi atribut-atribut suatu produk yang berfungsi menjelaskan karakter produk tersebut. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu atribut level yang disukai konsumen yaitu memiliki aroma sesuai dengan selera konsumen, beras berwarna putih jernih, beras yang memiliki bulir utuh setelah dimasak nasi, tekstur beras yang pulen, harga sudah sesuai dengan kualitas beras, dan kemasan beras dengan ukuran <25 Kg, Atribut yang paling utama dipertimbangkan konsumen dalam keputusan membeli beras lokal di Kota Makassar yaitu warna beras. Serta Nilai signifikan korelasi Pearson’s dan Kendall’s Tau 0,000 (sign <0,005) dapat dikatakan bahwa adanya hubungan yang kuat antara hasil desain conjoint dengan preferensi konsumen beras lokal di Kota Makassar.
Keywords : Beras; Preferensi Konsumen; Analisis Conjoint

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:19
Last Modified: 18 Mar 2022 06:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14379

Actions (login required)

View Item
View Item