Redesain Kawasan Agrowisata Kebun Stroberi di Kelurahan Pattapang Kabupaten Gowa = Redesign of Strawberry Farm Agrotourism Area in Pattapang Village, Gowa Regency


Hidayat, Taufik (2022) Redesain Kawasan Agrowisata Kebun Stroberi di Kelurahan Pattapang Kabupaten Gowa = Redesign of Strawberry Farm Agrotourism Area in Pattapang Village, Gowa Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G11116350_skripsi_Cover1.jpg

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G11116350_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G11116350_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G11116350_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract (Abstrak)

Pengembangan agrowisata merupakan upaya terhadap pemanfaatan potensi pertanian sebagai objek wisata. Salah satu destinasi wisata berbasis pertanian yang terdapat di Kelurahan Pattapang Kabupaten Gowa adalah agrowisata Kebun Stroberi Is yang merupakan milik perseorangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan konsep redesain kawasan agrowisata kebun stroberi sebagai informasi yang menjadi pertimbangan bagi pemilik untuk menciptakan kesatuan yang harmonis dan berkesinambungan antara kegiatan pertanian terpadu dengan kegiatan rekreasi serta edukasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk survei lapang untuk menghasilkan desain yang berlangsung pada Desember 2020 hingga Maret 2021. Pelaksanaan dilakukan mulai dari pengumpulan data primer dan sekunder berupa observasi, kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Tahapan penelitian dimulai dari persiapan awal, inventarisasi, analisis, sintesis, perencanaan, dan perancangan. Hasil dari penelitian ini menghasilkan konsep redesain pada agrowisata Kebun Stroberi Is berupa perpaduan konsep agrowisata panen hasil pertanian untuk merasakan sensasi memetik buah/sayuran dan menikmati hasilnya secara langsung disertai dengan kegiatan eduwisata guna menambah pengetahuan pengunjung mengenai sejarah hingga belajar cara budidaya tanaman dan konsep pengembangan terdiri atas konsep ruang, konsep sirkulasi, konsep tata hijau, konsep fasilitas dan utulitas, serta konsep aktifitas. Pembagian zona ruang terdiri dari zona produksi, zona pengembangan rekreasi, dan zona publik.
Keywords : Agrowisata, Redesain, Eduwisata, Kebun Stroberi Is

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Mar 2022 05:34
Last Modified: 18 Mar 2022 05:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14356

Actions (login required)

View Item
View Item