SISTEM MONITORING KUALITAS AIR PADA TAMBAK UDANG BERBASIS TEKNOLOGI CERDAS = WATER QUALITY MONITORING SYSTEM ON SHRIMP POND BASED ON INTELLIGENT TECHNOLOGY


Wardani. G, Vitalia Eka (2022) SISTEM MONITORING KUALITAS AIR PADA TAMBAK UDANG BERBASIS TEKNOLOGI CERDAS = WATER QUALITY MONITORING SYSTEM ON SHRIMP POND BASED ON INTELLIGENT TECHNOLOGY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H071171510_skripsi_Cover1.jpg

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H071171510_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H071171510_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H071171510_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Tambak udang merupakan sebuah tempat yang dibangun untuk membudidayakan udang, dengan iklim tropis yang dimiliki menjadikan Indonesia sebagai salah satu penghasil udang terbesar, baik itu udang air asin, air tawar maupun air payau. Bagi para pebisnis budidaya udang merupakan salah satu peluang bisnis yang menguntungkan karena selain perawatannya yang mudah budidaya udang dapat menghasilkan omset ratusan juta rupiah. Perawatan terhadap budidaya udang dapat dilakukan dengan pengecekan kualitas air secara berkala.Pengecekan kualitas air biasa dilakukan petambak dengan menggunakan kertas lakmus, pH meter digital maupun chlorine test kit. Namun cara tersebut masih dianggap kurang efisien karena dilakukan pengambilan air pada tambak secara berulang-ulang dalam beberapa waktu yang menyebabkan boros waktu dan tenaga, selain itu perubahan kualitas air pada tambak dapat terjadi sewaktu-waktu dapat menyebabkan kematian udang dan mengakibatkan petambak gagal panen. Dalam penelitian ini digunakan sensor suhu air, pH air, dan arus air untuk memonitoring kualitas air. Kemudian data dari kualitas air yang dideteksi oleh sensor akan diterima oleh mikrokontroler Esp32 lalu mengirimkan data tersebut ke firebase. Firebase berperan untuk menyimpan dan mengirimkan data ke android sehingga dapat ditampilkan pada smartphone petambak. Berdasarkan data yang didapatkan perubahan kualitas air dapat diakibatkan berbagai hal misalnya adanya aktivitas organisme pada tambak pada siang hari. Nilai data yang kurang baik akan memunculkan notifikasi pada smartphone petambak sehingga petambak tidak perlu melakukan pengecekan pada lokasi tambak berulang-ulang dan dapat melakukan antisipasi. Namun data dari tiap sensor tersebut hanya berupa monitoring nilai pH air, arus air dan suhu air. Dengan kata lain masih diperlukan tindakan dari petambak ketika kualitas air buruk. Selain itu masih perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut pada rangkaian alat yang digunakan.
Keywords : Tambak udang, firebase, kualitas air tambak, sensor suhu, sensor pH, sensor arus air

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:57
Last Modified: 18 Mar 2022 03:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14352

Actions (login required)

View Item
View Item