PERKEMBANGAN GONAD DAN PERTUMBUHAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) BETINA DENGAN PEMBERIAN EKSTRAK BUAH PARE (Momordica charantia L) = Gonad Development and Growth of Female Tilapia (Oreochromis niloticus) with Pare Fruit Extract (Momordica charantia L)


Abdullah, Aisyah Nurfadillah (2022) PERKEMBANGAN GONAD DAN PERTUMBUHAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) BETINA DENGAN PEMBERIAN EKSTRAK BUAH PARE (Momordica charantia L) = Gonad Development and Growth of Female Tilapia (Oreochromis niloticus) with Pare Fruit Extract (Momordica charantia L). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L031171021_skripsi_cover1.jpg

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L031171021_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (949kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L031171021_skripsi_dp.pdf

Download (841kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L031171021_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu usaha budidaya yang berkembang di Indonesia yaitu budidaya ikan Nila, namun masalah dalam budidayanya yaitu cepatnya terjadi pembuahan pada ikan nila sehingga mengakibatkan lambatnya pertumbuhan pada ikan nila itu sendiri sehingga dibutuhkan dosis ekstrak buah pare yang baik untuk menghasilkan kualitas gonad betina yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dan mempelajari pengaruh berbagai dosis ekstrak buah pare terhadap pertumbuhan dan pekembangan gonad betina serta menentukan dosis ekstrak buah pare yang potensil digunakan sebagai antifertilitas pada betina. Dilaksanakan pada bulan Juli sampai September 2021 di Heatchery Laboratorium Pembenihan Ikan FIKP Universitas Hasanuddin, Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Hewan uji yaitu ikan nila (Oreochromis niloticus) betina. Wadah yang digunakan yaitu bak fiber ukuran 250L. Pakan yang digunakan adalah pakan yang bercampur vitomolt plus dan ekstrak buah pare. Penelitian dilakukan dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan berbagai dosis ekstrak buah pare yaitu kontrol, 0,1 g; 0,2 g dan 0,3 g yang dipelihara selama 60 hari. Parameter yang diamati adalah pertumbuhan bobot mutlak, panjang mutlak, laju pertumbuhan spesifik, morfologi gonad, tingkat kematangan gonad serta indeks kematangan gonad. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian vitomolt dan ekstrak buah pare dalam pakan ikan nila tidak memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan belum mampu menghambat proses perkembangan gonad betina ikan nila namun mampu menghambat proses ovulasi pada ikan nila betina. Pengaruh pemberian vitomolt dan ekstrak buah pare dengan dosis 0,2 gram dalam vitomolt plus menunjukkan hasil terbaik pada pertumbuhan ikan nila betina dan pada dosis ekstrak buah pare sebanyak 0,3 gram menunjukkan hasil pada indeks kematangan gonad yang rendah.
Keywords : ekstrak buah pare, ikan nila, indeks kematangan gonad, tingkat kematangan gonad

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Mar 2022 01:29
Last Modified: 16 Mar 2022 01:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14254

Actions (login required)

View Item
View Item