Pengembangan Intervensi Emotional Demostration Terhadap Perubahan Perilaku Pola Makan Remaja Di Kabupaten Gorontalo = Development Of Emotional Demonstration Interventions On Changes In Adolescent's Eating Patterns At Gorontalo District


Rahmawati, Rahmawati (2022) Pengembangan Intervensi Emotional Demostration Terhadap Perubahan Perilaku Pola Makan Remaja Di Kabupaten Gorontalo = Development Of Emotional Demonstration Interventions On Changes In Adolescent's Eating Patterns At Gorontalo District. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K013181014_disertasi_cover1.jpg

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K013181014_disertasi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K013181014_disertasi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K013181014_disertasi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

RAHMAWATI. Pengembangan Intervensi Emotional Demostration Terhadap Perubahan Perilaku Pola Makan Remaja Di Kabupaten Gorontalo. (dibimbing oleh: Saifuddin Sirajuddin, Muhammad Syafar dan Ansariadi)
Pola makan menggambarkan kualitas dan kuantitas asupan yang merupakan salah satu faktor risiko masalah Kesehatan. Intervensi perbaikan pola makan remaja menggunakan teori perubahan perilaku diperlukan untuk memperbaikinya. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan menguji model intervensi Emotional Demonstration/ Emo Demo berbasis theory of planned behavior terhadap perubahan perilaku pola makan remaja.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Mix Methods Sequential Exploratory Design dengan pendekatan Theory of Planned Behaviour dengan dua tahap penelitian. Tahap I menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk menemukan motif pola makan remaja dan Tahap II menggunakan metode kuantitatif yaitu quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest group with control design dengan melakukan intervensi Emo Demo pada kelompok intervensi dan modul pada kelompok kontrol selama sepuluh minggu.
Hasil temuan tahap I ditemukan dua model Emotional Demonstration/ Emo Demo berbasis theory of planned behavior yang berpengaruh terhadap perubahan perilaku pola makan remaja dalam bentuk video yang menggunakan motif drivers dan emotions dan bentuk permainan yang menggunakan motif interest. Hasil tahap II adalah ada perubahan sikap, norma subjektif, kontrol perilaku dan niat remaja terkait pola makan sebelum dan setelah intervensi Emo Demo (p<0,05), ada perbedaan sikap, norma subjektif, kontrol perilaku dan niat remaja terkait pola makan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p<0,05), ada perubahan pola makan sebelum dan setelah intervensi Emo Demo (p=0,001), ada perbedaan pola makan antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol (p=0,005). Disimpulkan pengembangan model intervensi Emotional Demonstration/ Emo Demo dapat merubah pola makan remaja.
Kata Kunci : Pola makan remaja, Emotional Demonstration/ Emo Demo, Teori Planned Behaviour

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Mar 2022 01:10
Last Modified: 16 Mar 2022 01:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14242

Actions (login required)

View Item
View Item