ANALISIS NITROGEN DAN FOSFOR SEDIMEN DASAR PADA AREAL BUDIDAYA RUMPUT LAUT DI PERAIRAN TELUK LAIKANG, KABUPATEN TAKALAR = Analysis of Bottom Sediment Nitrogen and Phosphorus in Seaweed Cultivation Areas in Laikang Bay Waters, Takalar Regency


Akil, Sri Mulyani (2022) ANALISIS NITROGEN DAN FOSFOR SEDIMEN DASAR PADA AREAL BUDIDAYA RUMPUT LAUT DI PERAIRAN TELUK LAIKANG, KABUPATEN TAKALAR = Analysis of Bottom Sediment Nitrogen and Phosphorus in Seaweed Cultivation Areas in Laikang Bay Waters, Takalar Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L011171532 cover.png

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L011171532 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L011171532 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L011171532.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

SRI MULYANI AKIL. L01171532. “Analisis Nitrogen Dan Fosfor Sedimen Dasar Pada Areal Budidaya Rumput Laut Di Perairan Teluk Laikang, Kabupaten Takalar” dibimbing oleh MARZUKI UKKAS dan RAHMADI TAMBARU.

Nitrogen dan fosfor merupakan unsur hara yang sangat dibutuhkan oleh tanaman dalam jumlah yang besar. Nitrogen berfungsi merangsang pertumbuhan tanaman secara keseluruhan, untuk sintesis asam amino dan protein dalam tanaman, serta merangsang pertumbuhan vegetatif. Fosfor berfungsi dalam pengangkutan energi hasil metabolisme dalam tanaman, merangsang pembungaan dan pembuahan juga dalam pertumbuhan akar, pembentukan biji, pembelahan sel tanaman, dan memperbesar jaringan sel. Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis kadar nitrogen dan fosfor pada sedimen areal budidaya rumput laut dan non areal budidaya rumput laut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2021 pada lima stasiun di Perairan Teluk Laikang, Kabupaten Takalar. Kegiatan penelitian meliputi pengambilan sampel sedimen di lapangan, pengukuran parameter fisika-kimia perairan, analisis sampel sedimen dilakukan di Laboratorium dengan metode Kjedhal untuk menganalisis kadar nitrogen dan Olsen untuk menganilis kadar fosfor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai nitrogen didapatkan (p > 0.05), maka kelima lokasi penelitian tidak ada perbedaan secara signifikan. Hasil penelitian nilai fosfor didapatkan (p < 0,05), maka kelima lokasi penelitian ada perbedaan secara signifikan. Berdasarkan hasil analisis korelasi Pearsons diperoleh bahan organik total berpengaruh dengan banyaknya nilai fosfor yang ditemukan pada stasiun I. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa bentangan budidaya rumput laut tidak berpengaruh terhadap kandungan nitrogen dan fosfor pada sedimen dasar di areal budidaya rumpur laut.
Keywords : Nitrogen, Fosfor, Rumput laut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Mar 2022 01:16
Last Modified: 14 Mar 2022 01:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14140

Actions (login required)

View Item
View Item