Analisis Distribusi Nitrat, Fosfat, dan Silikat Di Perairan Pesisir Tompotana, Kecamatan Kepulauan Tanakeke, Kabupaten Takalar Menggunakan Indikator Fitoplankton = Analysis of Nitrate, Phosphate, and Silicate Distribution in Coastal Waters of Tompotana, Tanakeke Islands Subdistrict, Takalar Regency Using Phytoplankton Indicator


Anshari, Ilmiyanti Aulya Luthfiyah (2022) Analisis Distribusi Nitrat, Fosfat, dan Silikat Di Perairan Pesisir Tompotana, Kecamatan Kepulauan Tanakeke, Kabupaten Takalar Menggunakan Indikator Fitoplankton = Analysis of Nitrate, Phosphate, and Silicate Distribution in Coastal Waters of Tompotana, Tanakeke Islands Subdistrict, Takalar Regency Using Phytoplankton Indicator. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L011171021 cover.png

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L011171021 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L011171021 dp.pdf

Download (666kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L011171021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis distribusi nitrat, fosfat, dan silikat dengan menggunakan indikator fitoplankton. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2021 pada tiga stasiun di Perairan Pesisir Tompotana, Kecamatan Kepulauan Tanakeke, Kabupaten Takalar. Kegiatan penelitian meliputi pengambilan sampel air di lapangan, pengukuran parameter fisika-kimia perairan, identifikasi fitoplankton dan pengukuran parameter kimia lingkungan (nitrat, fosfat dan silikat) yang dilakukan di Laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis varians konsentrasi nitrat dan fosfat pada masing-masing stasiun tidak berbeda secara signifikan (p > 0,05). Hasil yang berbeda terjadi pada konsentrasi silikat dimana hasil analisis varians berbeda secara signifikan (p < 0,05) pada masing-masing stasiun. Dari hasil pencacahan fitoplankton, sebanyak 24 spesies teridentifikasi terdiri dari 4 kelas yaitu kelas Bacillariophyceae, Coscinodiscophyceae, Cyanophyceae, dan Dinophyceae. Berdasarkan hasil analisis korelasi Pearsons diperoleh parameter yang mempunyai pengaruh terhadap kelimpahan fitoplankton pada stasiun I adalah kecepatan arus dan silika, pada stasiun II adalah kecerahan, pH, dan fosfat, sedangkan pada stasiun III adalah nitrat. Kriteria indeks keanekaragaman (H’) dan keseragamn (E) fitoplankton berada pada kategori sedang, sementara itu kriteria indeks dominansi (D) fitoplankton menunjukkan keadaan yang stabil dan tidak ada dominansi dari salah satu jenis fitoplankton.
Keywords : Fitoplankton, Nitrat, Fosfat, dan Silika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Mar 2022 01:04
Last Modified: 14 Mar 2022 01:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14136

Actions (login required)

View Item
View Item