FORMULASI DAN UJI EFEKTIVITAS SEDIAAN KRIM ANTIINFLAMASI KOMBINASI MINYAK IKAN SIDAT (Anguilla sp.) dan GAMAT (Stichopus sp.) PADA LUKA BAKAR TIPE II


Mentari, Cahaya (2020) FORMULASI DAN UJI EFEKTIVITAS SEDIAAN KRIM ANTIINFLAMASI KOMBINASI MINYAK IKAN SIDAT (Anguilla sp.) dan GAMAT (Stichopus sp.) PADA LUKA BAKAR TIPE II. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
N11116011_skripsi cover1.png

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of BAB I & II] Text (BAB I & II)
N11116011_skripsi 1-2.pdf

Download (676kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
N11116011_skripsi dp.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
N11116011_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Minyak ikan sidat (Anguilla sp.) dan gamat (stichopus sp.) memiliki kandungan DHA dan EPA yang dimana keduanya dapat mengurangi inflamasi dan memperbaiki jaringan yang rusak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat konsentrasi minyak ikan sidat dan gamat yang dapat bersinergis dalam mengobati luka bakar tipe II yang dibuat dalam bentuk sediaan krim air dalam minyak (A/M). Kombinasi konsentrasi minyak ikan sidat dan gamat yang digunakan: Formula 1: 3% dan 0,5%, formula 2: 6% dan 1%. Sebagai pembanding 1 minyak ikan sidat 6%, pembanding 2 gamat 1% dan basis krim sebagai kontrol negatif sedangkan kontrol positif digunakan krim luka bakar Burnazin®. Evaluasi fisik sediaan yang dilakukan meliputi organoleptis, viskositas, pH, daya sebar dan tipe emulsi dan dilanjutkan dengan evaluasi in vivo yaitu pembuatan luka bakar tipe II pada hewan uji tikus putih yang selanjutnya di beri pemerian obat dengan sediaan yang telah dievaluasi fisik sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan evaluasi fisik yang dilakukan sesuai dengan hasil yang dinginkan, begitupun dengan evaluasi in vivo pada hewan uji dengan luka bakar tipe II didapatkan hasil yang efektif dalam pengobatan yang terlihat dari pengujian diameter luka dan juga pengamatan pembentukan kulit baru setelah pengobatan dengan krim kombinasi minyak ikan dan gamat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RL Dermatology
R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kehutanan > Kehutanan
Depositing User: wahyuni aras
Date Deposited: 17 Dec 2020 05:00
Last Modified: 17 Dec 2020 05:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1410

Actions (login required)

View Item
View Item