Media Pembelajaran Animasi SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) Tentang Pengenalah Huruf dan Angka untuk Anak Disabilitas Tunarungu = SIBI Animation Learning Media (Indonesian Sign System) About Recognition of Letters and Numbers for Children with Deaf Disabilities


Hidayat, Erwin Syahrul (2022) Media Pembelajaran Animasi SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) Tentang Pengenalah Huruf dan Angka untuk Anak Disabilitas Tunarungu = SIBI Animation Learning Media (Indonesian Sign System) About Recognition of Letters and Numbers for Children with Deaf Disabilities. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H071171009_skripsi_25-02-2022 cover.png

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H071171009_skripsi_25-02-2022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H071171009_skripsi_25-02-2022 dp.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H071171009_skripsi_25-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar, dan menjadi komponen penting dalam sistem pembelajaran. Proses pembelajaran dapat terjadi jika siswa dapat memaksimalkan penggunaan alat indera, namun tidak semua manusia yang terlahir memiliki kondisi normal, ada yang terlahir dengan keterbatasan fisik (disabilitas) salah satunya yaitu penyandang tunarungu yang terjadi pada anak-anak. anak-anak dengan kondisi ini lebih tertarik dengan penyampaian materi menitikberatkan gerak visual. Dengan begitu, media pembelajaran video animasi bahasa isyarat merupakan salah satu media yang dapat membantu proses belajar, karena memiliki visual, warna dan objek gambar yang dekat dengan anak-anak. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D), dimana metode ini digunakan untuk menghasilkan produk baru melalui proses pengembangan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh sebuah media pembelajaran animasi dalam bentuk video dengan keefektifan media berdasarkan hasil analisis data kualitatif dan kuantitatif, untuk analisis data kuantitatifnya diperoleh dari rata-rata persentase keefektifannya yaitu 96.616% dengan kategori sangat efektif, sedangkan untuk analisis data kualitatifnya berupa saran dan masukan dari responden dan dosen pembimbing.
Keywords : Media Pembelajaran, Animasi, Tunarungu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 Mar 2022 02:47
Last Modified: 11 Mar 2022 02:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14097

Actions (login required)

View Item
View Item