BENARKAH HANDPHONE-MU MENDENGAR PERCAKAPANMU? YUK CARI TAHU (SKRIPSI KARYA: IKLAN LAYANAN MASYARAKAT)


Alkautsar, Muhammad Yahya (2022) BENARKAH HANDPHONE-MU MENDENGAR PERCAKAPANMU? YUK CARI TAHU (SKRIPSI KARYA: IKLAN LAYANAN MASYARAKAT). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
E31116317_skripsi_04-02-2022 cover.png

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
E31116317_skripsi_04-02-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
E31116317_skripsi_04-02-2022 dp.pdf

Download (914kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
E31116317_skripsi_04-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga data pribadi mereka di dunia maya menjadi salah satu penyebab tingginya angka kasus kebocoran data di Indonesia. Banyak kasus kebocoran data yang dibiarkan begitu saja karena pihak yang harusnya menjaga data tersebut tidak diberi konsekuensi atas kelalaian mereka. Tujuan dari karya ini ialah untuk memahamkan kepada masyarakat, khususnya kalangan muda yang aktif berinteraksi di internet melalui berbagai platform media sosial, tentang pentingnya untuk memahami apa hak mereka ketika menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. Dalam karya ini, pembuat karya memilih menyampaikan pesannya melalui sebuah iklan layanan masyarakat berbentuk animasi motion graphic 2d.
Proses penciptaan karya ini dibagi menjadi 3 tahap, yaitu pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Pada tahap pra produksi, digunakan teknik observasi untuk melakukan riset data awal tentang bagaimana penyedia merekam data pengguna mereka, hingga gaya desain yang sesuai untuk target audiens. Kemudian, pada tahap produksi, pembuat karya memulai dengan menyelesaikan aset desain yang diperlukan sebelum mulai melanjutkan ke tahap animasi. Lalu pada tahap pasca produksi, dilakukan proses concept testing sebelum karya diterbitkan.
Hasil dari concept testing ini kemudian dianalisis menggunakan metode analisis AIDA. Hasil analisis AIDA yaitu (1) Attention: Penyuguhan contoh masalah yang dekat dengan keseharian mereka di awal iklan dirasa sangat tepat karena menggugah rasa penasaran mereka untuk mengetahui tentang fenomena yang sering terjadi pada mereka. (2) Interest: informasi yang ditampilkan dikemas dengan baik, sehingga mereka dapat mencerna pesan yang disampaikan dan ingin menyaksikan hingga akhir. (3) Desire: dengan mengetahui bagaimana data mereka direkam, peserta concept testing mengakui keinginan mereka untuk memeriksa pengaturan media sosial yang mereka gunakan. (4) Action: peserta merasa penasaran dan khawatir setelah menyaksikan iklan dan segera membuka halaman kebijakan privasi dari media sosial yang mereka gunakan.. Dari concept testing yang telah dilakukan, dengan gaya desain yang sesuai, informasi yang dikemas dengan baik serta visualisasi data yang mudah dicerna, disimpulkan bahwa iklan ini telah memenuhi elemen AIDA.. Hasil dari concept testing juga mengungkapkan bahwa masih ada beberapa teks dalam iklan yang masih sulit dibaca, serta audio masih dapat lebih ditingkatkan. Hal ini kemudian menjadi masukan bagi pembuat karya untuk meningkatkan kualitas dari iklan dan menghindari kesalahan persepsi dari penonton sebelum dipublikasikan. Sedangkan dari segi pesan, peserta sudah dapat memahami isi dari iklan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: data pribadi, hak privasi, kebijakan privasi, motion graphic, iklan layanan masyarakat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 10 Mar 2022 01:11
Last Modified: 10 Mar 2022 01:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14014

Actions (login required)

View Item
View Item