TANGGAPAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS HASANUDDIN


Fachri T, Muh (2021) TANGGAPAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS HASANUDDIN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
E31114516_skripsi cover.png

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
E31114516_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
E31114516_skripsi dp.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
E31114516_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Muh. Fachri T. Tanggapan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan UPT Perpustakaan Unhas. (Dibimbing oleh Dr. Muhammad Farid, M.Si. dan St. Murniati Muhtar, S.Sos, M.I.Kom).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan UPT Perpustakaan Unhas, yang selama ini belum diketahui, menyangkut kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu penyelesaian, tanggungjawab petugas, kemudahan akses, kelengkapan koleksi, kelengkapan sarana dan prasarana, perilaku petugas, serta kenyamanan dalam ruang baca perpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan responden terdiri atas kepala Sub Unit Layanan dan mahasiswa pengguna pelayanan perpustakaan yang datang ke UPT Perpustakaan Unhas. Penentuan responden dengan insidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode.

Hasil penelitian menunjukkan tanggapan mahasiswa pengguna mengenai kualitas pelayanan di UPT Perpustakaan Unhas ditanggapi positif oleh kebanyakan informan. Hal ini dilihat dari terpenuhinya aspek-aspek dimensi kualitas pelayanan dari Zeitahml, Pasuraman, dan Berry. Dimana kualitas layanan Perpustakaan Unhas sudah memenuhi aspek tangibles (bukti fisik), reliability (keandalan atau keper-cayaan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati) terhadap pengunjung. Namun masih terdapat informan yang menanggapi kurang bagus, seperti: petugas telat masuk memberikan pelayanan setelah jam istirahat; koleksi tua dan berdebu; bangunan tua; kurang nyaman dalam ruang baca. Disaran-kan agar menjaga kinerja dan kompetensi pustakawan seperti mengikutsertakan dalam diklat pelayanan prima, supaya mampu memberikan pelayanan terbaik demi peningkatan kualitas pelayanan perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Tanggapan, Kualitas Pelayanan Perpustakaan,
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 10 Mar 2022 01:08
Last Modified: 10 Mar 2022 01:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14007

Actions (login required)

View Item
View Item