IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBINAAN ANAK JALANAN DI ERA PANDEMI COVID-19 KOTA MAKASSAR = POLICY IMPLEMENTATION OF STREET CHILDREN IN THE ERA OF THE COVID-19 PANDEMIC, MAKASSAR CITY


Muddin, Enil (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBINAAN ANAK JALANAN DI ERA PANDEMI COVID-19 KOTA MAKASSAR = POLICY IMPLEMENTATION OF STREET CHILDREN IN THE ERA OF THE COVID-19 PANDEMIC, MAKASSAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051171304 cover.png

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051171304 1-2.pdf

Download (584kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051171304 dp.pdf

Download (652kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051171304.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Enil Muddin. Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Menyusun Skripsi dengan Judul: Implementasi Kebijakan Pembinaan Anak Jalanan Di Era Pandemi COVID- 19 Kota Makassar. (Dibimbing oleh Prof. Prof. Dr. H. Rasyid Thaha.,M.Si danAshar Prawitno,S.IP.M.Si).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanan bentuk Implementasi Pembinaan dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan pembinaan anak jalanan di era pandemi COVID-19 Kota Makassar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian kualitatif untuk melakukan eksplorasi dan klarifikasi mengenai suatu fenomena atau kenyataan sosial, hal ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan data dan fakta yang berkenaan dengan masalah dan unit yang diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara jelas mengenai bagaimana lmplementasi Kebijakan yang dilakukan oleh pelaksana Kebijakan berdasarkan teori Van Meter dan Van Horn yang telah diadopsi oleh penulis, yaitu dengan melihat Standar dan tujuan kebijakan ditinjaun dari aspek pembinaan pencegahan, pembinaan lanjutan dan upaya rehabilitasi, Sumber daya, dan Kondisi Lingkungan sosial dan ekonomi.
Dari hasil penelitian yang dilakukan menggambarkan bahwa Implementasi Pembinaan Anak Jalanan belum dijalan secara maksimal karena adanya faktor penyebaran virus COVID-19 di Kota Makassar. Hal ini meyebabkan tidak seimbangnya pemerintahan dalam menjalankan Tugas dan fungsinya, akan tetapi seiring berjalannya waktu berbagai upaya telah dilakukan oleh pelaksana kebijakan agar pembinaan berjalan kembali seperti sediakala dengan tetap memperhatkan Subtansi dari kebijakan Undang-undang Nomor
2 tahun 2008, adapun faktor-faktor yang mempengaruhi Kebijakan Pembinaan Anak Jalanan antara lain faktor pendukung seperti faktor subtansi hukum, sedangkan faktor penghambat yakni faktor kesehatan masyarakat serta faktor sarana dan prasarana.
Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan, Pembinaan, Anak Jalanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 09 Mar 2022 07:17
Last Modified: 09 Mar 2022 07:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13967

Actions (login required)

View Item
View Item