EFEK PENGGURDIAN TERHADAP THRUST FORCE PADA KOMPOSIT LAMINA TENUNAN RAMI SKALA LABORATORIUM = THE EFFECT OF DRIVING ON THRUST FORCE ON LABORATORY SCALE RAMIE WOVEN LAMINATE COMPOSITES


Armanzah, Armanzah (2022) EFEK PENGGURDIAN TERHADAP THRUST FORCE PADA KOMPOSIT LAMINA TENUNAN RAMI SKALA LABORATORIUM = THE EFFECT OF DRIVING ON THRUST FORCE ON LABORATORY SCALE RAMIE WOVEN LAMINATE COMPOSITES. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D21116310_skripsi_04-02-2022 cover.png

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D21116310_skripsi_04-02-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D21116310_skripsi_04-02-2022 dp.pdf

Download (879kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D21116310_skripsi_04-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Dalam perkembangan teknologi industri terutama industri manufaktur membutuhkan material yang mempunyai sifat-sifat yang istimewa yang sulit didapatkan dari material konvensional seperti besi dan aluminium. Kelebihan material komposit kekuatan tarik tinggi, ringan, ketahanan korosi, ketahanan aus dan arah kekuatan dapat dikendalikan (Palanikumar dkk., 2012). Untuk mengetahui pengaruh variasi jumlah lapis, feed rate dan kecepatan spindel pada penggurdian komposit tenunan serat rami.
Penelitian dilakukan di Laboratorium Mekanika Terpakai Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Gowa sebagai tempat pembuatan bahan uji dan Workshop Universitas Hasanuddin Makassar tempat pengambilan data. Pengambilan data dilakukan menggunakan sensor (dynamometer) dipasang pada ragum dan diatasnya dipasang spesimen uji. Dynamometer yang digunakan didukung software Makerplot untuk pembacaan pada device monitor laptop.
Pengaruh jumlah lapis penguat cukup mempengaruhi nilai thrust force pada pengeboran komposit rami. Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan jumlah lapis penguat akan meningkatkan nilai thrust force.Pengaruh feed rate yang diberikan sangat berpengaruh pada nilai thrust force. Pengaruh kecepatan spindel juga sangat berpengaruh pada nilai thrust force yang didapatkan selama proses pengeboran. Dalam prakteknya peningkatan kecepatan spindel dapat menurunkan beban selama pengeboran, hal ini ditunjukkan oleh mekanisme pelepasan chip yang lebih mudah pada kecepatan spindel tinggi.1. Penelitian ini terbatas pada penggunaan matriks epoxy, maka perlu adanya penelitian tambahan mengenai pengaruh jenis matriks yang digunakan. 2. Perlu adanya penelitian lanjutan tentang pengaruh sifat mekanik komposit terhadap nilai thrust force pada tipe mata bor yang lebih bervariasi. 3. Perlu adanya penelitian tentang optimasi daya selama proses pengeboran dengan tingkat variasi parameter pengeboran yang diberikan.
Keywords : komposit, rami, thrust force, makerplot

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Mar 2022 06:02
Last Modified: 08 Mar 2022 06:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13898

Actions (login required)

View Item
View Item