Tindika, Yanty (2022) PROGRAM EDUKASI DALAM MENINGKATKAN SELFEFFICACYDANPERAWATAN KAKI (FOOT CARE) PASIEN DENGAN LKD DAN RESIKO LKD: A SCOPING REVIEW. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
R012191010_tesis_24-02-2022 1-2.pdf
Download (797kB)
R012191010_tesis_24-02-2022 cover.png
Download (166kB) | Preview
R012191010_tesis_24-02-2022 dp.pdf
Download (957kB)
R012191010_tesis_24-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi komponen-komponen edukasi yang digunakan dalam upaya meningkatkan self efficacy dan perawatan kaki (foot care) pada pasien LKD dan resiko. Penelitian ini menggunakan pendekatan scoping review berdasarkan panduan The Joanna Briggs Institute (JBI) (Peters et al., 2020) dan menggunakan PRISMA ScR (Moher et al., 2009), dengan menggunakan lima database yaitu PubMed, ProQuest, ScienceDirect, Wiley dan Ebsco dengan rentang tahun 2011-2021 (Juli), ) dewasa ≥ 18 tahun dengan DM tipe 1 dan 2 (LKD dan resiko), studi kuantitatif yang membahas program edukasi dalam meningkatkan self efficacy dan perawatan kaki (foot care), berbahasa Inggris, full text, sertajudul dan abstrak sesuai dengan pertanyaan penelitian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada 14 artikel yang diinklusi, dimana intervensi berhubungan dengan komponen-komponen edukasi (berupa materi, media, metode, durasi, follow up, dan instrument evaluasi) yang digunakan dalam meningkatkan self efficacy dan perawatan kaki (foot care) sebagai outcome primer serta pengetahuan, kualitas hidup, insiden terjadinya luka/amputasi dan HbA1C sebagai outcome sekunder. Mayoritas intervensi edukasi yang efektif meningkatkan self efficacy dan perawatan kaki (foot care).
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | program edukasi, self efficacy, perawatan kaki, luka kaki diabetik |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 08 Mar 2022 05:34 |
Last Modified: | 08 Mar 2022 05:34 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13850 |