TINJAUAN HUKUM ALIH FUNGSI LAHAN RUANG TERBUKA HIJAU MENJADI LAHAN KOMERSIL DI LAPANGAN KAREBOSI KOTA MAKASSAR


Fiwisya, Saskia Nur (2022) TINJAUAN HUKUM ALIH FUNGSI LAHAN RUANG TERBUKA HIJAU MENJADI LAHAN KOMERSIL DI LAPANGAN KAREBOSI KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
B011171505 cover.png

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
B011171505 1-2.pdf

Download (922kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
B011171505 dp.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
B011171505.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan dampak alih fungsi ruang terbuka hijau menjadi lahan komersil di Lapangan Karebosi pada Jl. Kartini, yaitu Kanrerong dan menguraikan bentuk tanggung jawab pemerintah dalam mengatasi hal tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian empiris. Pengumpulan data dilakukan menggunakan studi lapangan melalui wawancara dengan narasumber dan studi kepustakaan.

Hasil penelitian bahwa alih fungsi ruang terbuka hijau menjadi lahan komersil yang terjadi di Lapangan Karebosi Kota Makassar bertujuan untuk menertibkan pedagang kaki lima yang mengganggu estetika Kota Makassar. Dampak yang ditimbulkan dari adanya alih fungsi ini bersifat jangka panjang, yaitu buruknya kualitas udara dan dapat menimbulkan banjir. Adapun bentuk tanggung jawab pemerintah adalah dengan merencanakan dan menjalankan pembangunan ruang terbuka hijau di Kota Makassar secara berkelanjutan yang dilakukan di enam titik pada tahun ini, yaitu median tengah Jalan Arief Rate, jalur hijau Jalan Jendral Ahmad Yani, Jalan Nusantara Baru, Jalan Penghibur, Jalan Penghibur Pasar Ikan dan Jalan Haji Bau Kota Makassar, serta meminimalisir alih fungsi lahan ruang terbuka hijau. Pemerintah juga melakukan pendataan ruang terbuka hijau setiap tahunnya agar menjadi acuan di tahun berikutnya sampai mencapai kewajiban 30% RTH di wilayah perkotaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 08 Mar 2022 05:28
Last Modified: 08 Mar 2022 05:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13841

Actions (login required)

View Item
View Item