ANALISIS PENDAPATAN USAHA PRODUK KOPI SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19 : Studi Kasus Usaha Kopi UD. Master Kopi = Analysis of Coffee Business Income Before and During Covid-19 Pandemic : Case Study of Coffee Business UD. Master Coffee


Putra, Resky Ari (2022) ANALISIS PENDAPATAN USAHA PRODUK KOPI SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19 : Studi Kasus Usaha Kopi UD. Master Kopi = Analysis of Coffee Business Income Before and During Covid-19 Pandemic : Case Study of Coffee Business UD. Master Coffee. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116509_skripsi_22-02-2022 cover1.jpg

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116509_skripsi_22-02-2022 Bab 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
G21116509_skripsi_22-02-2022 DP.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
G21116509_skripsi_22-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

UD. Master Kopi merupakan usaha dagang yang bergerak dalam produksi kopi yang berada di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan yang aktivitasnya melakukan proses pengolahan biji kopi green bean menjadi kopi sangrai dan kopi bubuk, kemudian dijual kepada masyarakat baik untuk konsumsi rumah tangga, warkop dan cafe maupun usaha serupa. Dalam kurun waktu satu tahun terakhir, Indonesia dilanda pandemi Covid-19 yang berimbas pada perekonomian di Indonesia. Khususnya dari sisi pariwisata, investasi, perdagangan serta UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pemasaran yang dilakukan di UD. Master Kopi sebelum dan saat pandemi Covid-19 serta menganalisis perbandingan pendapatan usaha produk kopi di UD. Master Kopi sebelum dan saat pandemi Covid-19. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan menggunakan metode analisis pendapatan. Hasil Penelitian menunjukkan sistem pemasaran yang digunakan UD. Master Kopi dalam memasarkan produk kopi green bean, sangrai dan bubuk masih sama ialah dengan melakukan penjualan personal (interaksi tatap muka dengan calon pembeli), pemasaran langsung (mempromosikan produknya melaui mulut kemulut serta mengunggahnya ke market place yang terdapat dimedia sosial Facebook), dan promosi penjualan (menawarkan sampel). Kemudian produk-produk tersebut didistribusikan melalui jasa kurir maupun pengambilan langsung dan pendapatan yang diperoleh UD. Master Kopi sebelum pandemi Covid-19 periode 2019 sebesar Rp. 51.157.767 kemudian dibandingkan dengan pendapatan yang diperoleh UD. Master Kopi saat pandemi Covid-19 periode 2020 sebesar Rp. 8.035.867. Maka dari itu selisih pendapatan yang diperoleh UD. Master Kopi sebelum dan saat pandemi Covid-19 yaitu sebesar Rp. 43.121.900.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pemasaran, Pendapatan, Produk Kopi, Covid-19
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Dr. Iskandar Iskandar
Date Deposited: 08 Mar 2022 05:21
Last Modified: 08 Mar 2022 05:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13829

Actions (login required)

View Item
View Item