PERENCANAAN PENEMPATAN STATIC VAR COMPENSATOR UNTUK MENINGKATKAN KESTABILAN TEGANGAN PADA SISTEM TENAGA LISTRIK DENGAN PLTB = PLACEMENT PLAN OF STATIC VAR COMPENSATOR TO IMPROVE VOLTAGE STABILITY IN THE ELECTRIC POWER SYSTEM WITH PLTB


Indah, Ita (2022) PERENCANAAN PENEMPATAN STATIC VAR COMPENSATOR UNTUK MENINGKATKAN KESTABILAN TEGANGAN PADA SISTEM TENAGA LISTRIK DENGAN PLTB = PLACEMENT PLAN OF STATIC VAR COMPENSATOR TO IMPROVE VOLTAGE STABILITY IN THE ELECTRIC POWER SYSTEM WITH PLTB. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D041171004_skripsi_20-01-2022 cover.png

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D041171004_skripsi_20-01-2022 1-2.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D041171004_skripsi_20-01-2022 dp.pdf

Download (764kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D041171004_skripsi_20-01-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract (Abstrak)

Kebutuhan tenaga listrik terus meningkat seiring pertumbuhan masyarakat. Sehingga menuntut produsen tenaga listrik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga listrik yang diproduksinya. Peningkatan beban pada sistem tenaga listrik dapat menimbulkan jatuh tegangan dan nilai rugi daya yang besar. Ketika PLTB terintegrasi ke sistem maka akan mempengaruhi kestabilan tegangan karena output yang dihasilkan oleh PLTB bergantung pada kekuatan angin, sehingga tidak selalu konstan atau bervariasi. Injeksi daya reaktif menggunakan Static Var Compensator (SVC) merupakan salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan rugi-rugi daya transmisi dan penurunan tegangan akibat pertambahan beban listrik. Static Var Compensator (SVC) merupakan salah satu perangkat FACTS yang berfungsi menyerap atau menginjeksikan daya reaktif untuk memperbaiki profil tegangan dan mengurangi rugi-rugi daya transmisi pada sistem. Adapun sistem yang digunakan adalah sistem IEEE 14 Bus. Metode perhitungan aliran daya menggunakan metode Newton Raphson. Simulasi dilakukan dengan tiga keadaan yang berbeda yaitu ketika normal, keadaan lepas generator dan keadaan saat terjadi kenaikan beban sebelum dan setelah terintegrasi PLTB. Kapasitas SVC yang digunakan pada simulasi adalah 0-20 MVAr. Hasil simulasi sistem saat kondisi normal sebelum terintegrasi PLTB, saat kondisi normal (terintegrasi PLTB) dengan daya output PLTB bervariasi, saat lepas generator dan saat kenaikan beban dengan daya output PLTB bervariasi menunjukkan beberapa bus mengalami drop tegangan dan rugi-rugi daya yang besar. Setelah dilakukan penempatan SVC pada bus yang mengalami drop tegangan diperoleh seluruh bus dalam keadaan stabil atau berada pada standar tegangan IEEE dengan batas toleransi 0,95 p.u. sampai 1,05 p.u. dan mengurangi rugi-rugi daya pada sistem. Berdasarkan hasil simulasi dapat disimpulkan bahwa penempatan SVC mampu memperbaiki profil tegangan dan mengurangi rugi-rugi daya transmisi pada sistem.
Kata Kunci : Kestabilan tegangan, Rugi-rugi daya transmisi, SVC

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Mar 2022 03:10
Last Modified: 08 Mar 2022 03:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13791

Actions (login required)

View Item
View Item