PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PRAKTIKUM PENJAHITAN RUPTUR PERINEUM DERAJAT II MAHASISWA DIII KEBIDANAN


Fitrahminarsih N, Nurul (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PRAKTIKUM PENJAHITAN RUPTUR PERINEUM DERAJAT II MAHASISWA DIII KEBIDANAN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102181041_tesis cover1.png

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of BAB I & II] Text (BAB I & II)
P102181041_tesis 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
P102181041_tesis dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102181041_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan menghasilkan dan mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis web terhadap peningkatan keterampilan penjahitan ruptur perienum derajat II mahasiswa DIII Kebidanan

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan mixmethod research and develpoment (R&D). Pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Responden sebanyak 96 orang yang dibagi ke dalam 3 kelompok, yautu 2 kelompok intervensi dan 1 kelompok kontrol. kelompok intervensi I media berbasis web, kelompok intervensi II jobsheet, dan kelompok kontrol tanpa media. Setiap kelompok diberikan pretes keterampilan penjahitan ruptur perineum derajat II sebelum diberikan intervensi dan diobservasi menggunakan daftar tilik, begitu pula pada ssat dilakukan postes penjahitan ruptur perineum derajat II. data dianalisis menggunakan Mc Nemar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba kelayakan aplikasi menggunakan kuesioner technologi accepteance model (TAM), terdiri atas lima aspek yaitu: perceived ease to use, perceived usefulness, trust, behavior intention, dan attitude. dari uji validasi ahli media diperoleh (72.5%) dengan kategori layak, menurut ahli materi diperoleh (85.5%) dengan kategori sangat layak, dan hasil uji coba skala besar diperoleh (90.3%). Pada kelompok kontrol tidak terdapat perubahan keterampilan penjahitan ruptur perineum derajat II (p>0.05), sedangkan pada kelompok intervensi I, yakni pada aplikasi media pembelajaran berbasis web terdapat perbedaan signifikan keterampilan sebelum dan setelah pemberian media dari (25%) menjadi (75%) (p<0.05). Adapun, pada kelompok intervensi II (pemberian jobsheet)terdaat perbedaan signifikan keterampilan sebelum dan setelah pemberian jobsheet dari (31.3) menjadi (56.2%) (p<0.05) dalam peningkatan keterampilan penjahitan ruptur perineum derajat II mahasiswa D-III Kebidanan. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan aplikasi media berbasis web lebih efektif meningkat keterampilan penjahitan ruptur perineum derajat II pada mahasiswa DIII Kebidanan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: wahyuni aras
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:43
Last Modified: 17 Dec 2020 03:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1375

Actions (login required)

View Item
View Item