Strategi Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja melalui Ajang Pageant Nasional


Pala`biran, Melky (2022) Strategi Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja melalui Ajang Pageant Nasional. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
E021171503_skripsi_14-02-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021171503_skripsi_14-02-2022 COVER.png

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
E021171503_skripsi_14-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
E021171503_skripsi_14-02-2022 DP.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

MELKY PALA’BIRAN. Strategi Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja melalui Ajang Pageant Nasional (Dibimbing oleh Tuti Bahfiarti dan Nosakros Arya)

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui dan memahami strategi promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja melalui ajang pageant nasional, (2) untuk mengetahui dan memahami ajang pageant nasional. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Tana Toraja. Tipe penelitian ini menggunakan tipe kualitatif deskriptif naratif.

Data primer dikumpulkan dengan menggunakan cara partisipan dan wawancara mendalam kepada Dinas Pariwisata Tana Toraja dan pelaku pageant Tana Toraja yang menjadi informan. Data sekunder diperoleh dari sumber yang ada melalui penelusuran bahan bacaan seperti buku, jurnal, skripsi dan artikel di internet yang terkait dengan penelitian ini. Data yang telah berhasil dikumpulkan selanjutnya akan dianalisis secara kualitatif deskriptif.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa; (1) Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja menggunakan dua bentuk periklanan above the line dan below the line, (2) Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja menggunakan perantara media, (3) pelaku pageant sebagai tourism information center, (4) Dinas Pariwisata melibatkan pelaku pageant yang bertugas memberikan sampel, dan (5) Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja menggelar pelatihan pemandu wisata. Penelitian ini juga menemukan bahwa ada beberapa faktor pendukung (1) para pageant Tana Toraja sebagai brand ambassador Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja, (2) tingginya daya tarik masyarakat terhadap pageant Tana Toraja, dan penghambat ; (1) pendanaan yang tidak merata bagi pageant Tana Toraja, (2) minimnya sumber daya pageant yang dimiliki Kabupaten Tana Toraja, dan (3) kesadaran masyarakat akan peningkatan Pariwisata Tana Toraja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi promosi, pelaku pageant
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 07 Mar 2022 03:01
Last Modified: 07 Mar 2022 03:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13670

Actions (login required)

View Item
View Item