Gaya hidup infuencer di kota makassar = Influencer Lifestyle In Makassar City


Khoiri, Astri Alfi (2022) Gaya hidup infuencer di kota makassar = Influencer Lifestyle In Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E41116016_skripsi_04-02-2022 cover.png

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E41116016_skripsi_04-02-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E41116016_skripsi_04-02-2022 dp.pdf

Download (719kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E41116016_skripsi_04-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Astri Alfi Khoiri, E41116016, “Gaya Hidup Influencer Di Kota Makassar”. Dibimbing oleh Drs. Andi Haris M.Sc, Ph.D dan Drs. Hasbi, M.Si, Ph.D Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan makna influencer sudut pandang influencer di Kota Makassar serta untuk mendeskripsikan cara influencer mengkonstruksi gaya hidup mereka di Kota Makassar. Semakin masifnya masyarakat Kota Makassar yang menjadikan influencer sebagai model pekerjaan baru yang berkembang selaras dengan perkembangan teknologi informasi.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam menentukan informan penelitian ini, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan data primer dan data sekunder.
Influencer memiliki makna sosial yang berlapis-lapis. Influencer dapat dimaknai sebagai suatu gaya ketika influencer hanya sampai pada praktik mengkonstruksi identitas atau citra dirinya agar wacana yang dia sampaikan tidak sama dengan influencer lain. Sedangkan influencer dimaknai sebagai mode fashion ketika influencer membeli sesuatu barang atau produk untuk kebutuhan penyampaian isu-isu yang akan dibawakan. Dan terakhir, influencer dimaknai sebagai budaya ketika praktik influencer telah melahirkan kebiasaan-kebiasaan baru yang kemudian diikuti secara massal atau mengalami peniruan-peniruan ritus sosial. Gaya hidup yang dipraktikkan oleh influencer di Kota Makassar merupakan manifestasi hasil dari pengetahuan, kenyataan atau realita yang sehari-hari dijalani, dan kesadaran dari influencer yang kemudian mengalami proses dialektika secara simultan dalam tiga tahap: eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi.

Kata Kunci: Influencer, Gaya Hidup, Konsumerisme, Konstruksi Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Feb 2022 05:42
Last Modified: 23 Feb 2022 05:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13564

Actions (login required)

View Item
View Item