PENOLAKAN NOTARIS TERHADAP PEMBUATAN AKTA PERBANKAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM NASIONAL INDONESIA


Kartikasari, Nina (2021) PENOLAKAN NOTARIS TERHADAP PEMBUATAN AKTA PERBANKAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM NASIONAL INDONESIA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
B022171102_tesis cover.png

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
B022171102_tesis 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
B022171102_tesis dp.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
B022171102_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, mengetahui, dan menganalisis keabsahan suatu akad dalam perspektif hukum Islam, memahami alasan hukum Notaris dalam menolak Pembuatan Akta Perbankan, serta pertanggungjawaban hukum notaris dalam pembuatan Akta Perbankan.
Penelitian ini menggunakan tipe penelitian hukum normatif. Pendekatan yang digunakan adalah dengan pendekatan hukum islam dan peraturan perundang-undangan. Bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan sekunder. Pengumpulan bahan hukum dilakukan dengan melakukan studi pustaka, dilengkapi dengan wawancara. Keseluruhan bahan hukum tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa suatu akad perbankan dikatakan sah apabila terpenuhinya rukun dalam hal ini subjek hukum yang menjalankan akad (Al-’Aqid), pernyataan ijab dan qabul (shighat al-’aqd), objek suatu akad (mahal al-’aqd), tujuan akad (Maudhu’ alaqd), dan syarat sahnya akad. Alasan hukum penolakan suatu akad akta perbankan adalah adanya suatu kondisi yang disebabkan oleh subjek akad dan objek akad serta penolakan atas dasar karena ketidaksesuaian format dan substansi akad. Tanggung Jawab Notaris dalam menjalankan tugas profesinya mengedepankan prinsip kehati-hatian dan perlu adanya pelatihan teoretis maupun teknis khususnya pada pendalaman dan pemahaman mendasar tentang koherensi hukum positif dan prinsip-prinsip syariah dalam pembuatan akta perbankan. Selain itu diperlukan keterlibatan berbagai pihak dalam meningkatkan skill notaris, bahkan kalau diperlukan satu kekhususan profesi notaris yang lebih terkonsentrasi pada pembuatan akta perbankan baik di bank syariah maupun konvensional.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Kenotariatan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 21 Feb 2022 02:02
Last Modified: 21 Feb 2022 02:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13495

Actions (login required)

View Item
View Item