ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PARTIKEL MODAL Ma (吗), Ne (呢), dan Ba (吧) DALAM KALIMAT PEMBELAJAR BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS HASANUDDIN = Error Analysis of the Use of Modal Particles ma (吗), ne (呢), and ba (吧) in sentences for Chinese language learners at Hasanuddin University


Ariqo, Uzlah Ma'rifat (2022) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PARTIKEL MODAL Ma (吗), Ne (呢), dan Ba (吧) DALAM KALIMAT PEMBELAJAR BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS HASANUDDIN = Error Analysis of the Use of Modal Particles ma (吗), ne (呢), and ba (吧) in sentences for Chinese language learners at Hasanuddin University. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F091181502_skripsi_14-02-2022 cover.png

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F091181502_skripsi_14-02-2022 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F091181502_skripsi_14-02-2022 dp.pdf

Download (648kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F091181502_skripsi_14-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Uzlah Ma’rifat Ariqo. 2021. Analisis Kesalahan Penggunaan Partikel Modal ma (吗), ne (呢), dan ba (吧) Dalam Kalimat Pembelajar Bahasa Mandarin Universitas Hasanuddin. (Dibimbing oleh Ikhwan M. Said dan Rizqi Awalia Ilma).
Penelitian ini bertujuan mengetahui kesalahan penggunaan partikel modal ma (吗), ne (呢), dan ba (吧) serta faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya kesalahan penggunaan partikel modal ma (吗), ne (呢), dan ba (吧) mahasiswa Semester V Angkatan 2019 Prodi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok Universitas Hasanuddin.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil tes kesalahan mahasiswa dalam menggunakan partikel modal ma (吗), ne (呢), ba (吧) dengan dijabarkan melalui kata-kata, sedangkan metode deskriptif kuantitatif digunakan karena data yang diperoleh dari hasil tes dihitung menggunakan rumus-rumus statistika.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui persentase kesalahan penggunaan partikel modal ma (吗), ne (呢), dan ba (吧) secara keseluruhan adalah sebesar
54,9% serta diperoleh nilai rata-rata responden sebesar 45 dan termasuk kategori nilai rendah. Kesalahan yang sering terjadi adalah kesalahan pada pemilihan fungsi penggunaan partikel modal ma (吗), ne (呢), dan ba (吧). Faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya kesalahan penggunaan partikel modal ma (吗), ne (呢), dan ba (吧) mahasiswa Semester V Angkatan 2019 Prodi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok Universitas Hasanuddin, yaitu (1) sebagian besar mahasiswa tidak dapat membedakan fungsi penggunaan partikel modal ne (呢), dan ba (吧) dalam kalimat bahasa Mandarin; (2) kurangnya latihan dan review materi partikel modal ma (吗), ne ( 呢 ), dan ba ( 吧 ) dalam bahasa Mandarin; (3) mahasiswa tidak memperhatikan konteks kalimat dengan baik dan tidak memperhatikan fungsi penggunaan partikel modal dalam kalimat; (4) kurangnya pemahaman tentang partikel modal ma (吗), ne (呢), dan ba (吧); (5) minimnya penguasaan kosakata bahasa Mandarin beserta artinya; dan (6) lingkungan yang tidak menggunakan bahasa Mandarin, akibatnya mahasiswa sering lupa.
Kata kunci: analisis kesalahan, partikel modal ma (吗), ne (呢), dan ba (吧)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Feb 2022 01:33
Last Modified: 21 Feb 2022 01:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13476

Actions (login required)

View Item
View Item