IMPLEMENTASI SISTEM E-LEBBAMI (ELEKTRONIK LAYANAN BERUSAHA , BERINVESTASI DAN MENDIRIKAN BANGUNAN ) PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA MAKASSAR = The Implementation of E-Lebbami System (Electronic Services attempting to invest and build up a building ) at The Investment Board and One Stop-Service of Makassar City


Rahma, Alfira (2022) IMPLEMENTASI SISTEM E-LEBBAMI (ELEKTRONIK LAYANAN BERUSAHA , BERINVESTASI DAN MENDIRIKAN BANGUNAN ) PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA MAKASSAR = The Implementation of E-Lebbami System (Electronic Services attempting to invest and build up a building ) at The Investment Board and One Stop-Service of Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B12116022_skripsi cover.png

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B12116022_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B12116022_skripsi dp.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B12116022_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Alfira Rahma (B12116022), dengan judul “Implementasi Sistem E-Lebbami (Elektronik Layanan Berusaha Berinvestasi dan Mendirikan Bangunan) Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar”. Di bawah bimbingan Bapak Dr.Nawar,S.H.,M.H selaku Pembimbing Utama dan Ibu Ariani Arifin,S.H.,M.H Selaku Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Sistem E-Lebbami Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat Implementasi Sistem E-Lebbami pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar.
Penelitian ini dilakukan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum yuridis empiris dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan penelitian lapangan dan kepustakaan. Data dilengkapi dengan data primer dari hasil wawancara langsung di lapangan, dan data sekunder diperoleh dari referensi-referensi seperti peraturan perundang-undangan, buku, berita, dan tulisan ilmiah yang terkait. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi Sistem E-Lebbami pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar belum terlaksana secara optimal. Pada Implementasi standar pelayanan operasional prosedur mengenai batas waktu penyelesaian izin, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar belum memenuhi standar pelayanan yang telah ditetapkan. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi Implementasi Sistem E-Lebbami pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar memiliki faktor pendukung yaitu faktor sumber daya manusia, anggaran keungan dan sumber daya peralatan. Adapun faktor penghambat Implementasi Sistem E-Lebbami yaitu kurangnya sosialisasi kepada masyarakat serta terjadinya masalah pada sistem E-Lebbami atau error pada sistem.
Kata Kunci: Implementasi, Aplikasi pelayanan, perizinan, Sistem E-Lebbami

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 Feb 2022 01:07
Last Modified: 17 Feb 2022 01:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13373

Actions (login required)

View Item
View Item