Tinjauan Yuridis Terhadap Pemenuhan Hak Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah H. Padjonga Daeng Ngalle Kabupaten Takalar = Juridical Review of the Fulfillment of Health Services Rights for Inpatients at the H. Padjonga Daeng Ngalle Regional General Hospital, Takalar District


Agussalim, Rahma Chumaerah (2022) Tinjauan Yuridis Terhadap Pemenuhan Hak Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah H. Padjonga Daeng Ngalle Kabupaten Takalar = Juridical Review of the Fulfillment of Health Services Rights for Inpatients at the H. Padjonga Daeng Ngalle Regional General Hospital, Takalar District. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B12116007_skripsi cover.png

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B12116007_skripsi 1-2.pdf

Download (767kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B12116007_skripsi dp.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B12116007_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Rahma Chumaerah Agussalim (B121 16 007) dengan Judul Tinjauan Yuridis Terhadap Pemenuhan Hak Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah H. padjonga Daeng Ngalle Kabupaten Takalar, di bawah bimbingan Muh.Hasrul (Pembimbing Utama) dan Ariani Arifin (Pembimbing Pendamping).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemenuhan hak dan Implikasi pemenuhan hak pelayanan kesehatan terhadap pasien rawat inap di RSUD H Padjonga Daeng Ngalle Kabupaten Takalar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan Kepala seksi Bidang keperawatan RSUD H. padjonga Daeng Ngalle, Mantan pasien yang pernah memanfaatkan unit rawat inap RSUD H. padjonga Daeng Ngalle dan Pasien atau keluarga pasien yang sedang memanfaatkan unit rawat inap RSUD H. padjonga Daeng Ngalle.
Analisis data disajikan secara deskriptif kualitatif dengan menganalisis data berdasarkan informasi yang diperoleh.
Adapun hasil penelitian ini yaitu: (a) perawat sudah memberikan pemenuhan hak-hak pasien dengan baik tetapi masih memerlukan perbaikan dalam pemenuhan hak pasien khususnya hak pasien rawat inap yang manusiawi, adil, jujur dan tanpa diskriminasi dan dalam pemenuhan hak pasien rawat inap yang bermutu sesuai standar profesi, standar prosedur operasional karena masih ada pasien yang merasa hak-hak tersebut belum terpenuhi sebagaimana Hak dan Kewajiban pasien yang diatur dalam Pasal 32 Undang-undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. (b) Implikasi dari pemenuhan hak pelayanan kesehatan pada rawat inap RSUD H. padjonga Daeng Ngalle adalah terpenuhinya hak-hak pasien rawat inap. tetapi masih ada hak pasien rawat inap yang manusiawi, adil, jujur dan tanpa diskriminasi tidak terpenuhi sehingga pasien merasa dibeda-bedakan dengan pasien yang lainnya, dan masih ada keterlambatan perawat dalam menanggapi laporan yang disampaikan pasien/keluarga pasien yang seharusnya pelayanan diberikan secara cepat, tepat dan benar sehingga pasien yang sedang yang sedang memanfaatkan unit rawat inap RSUD H. padjonga Daeng Ngalle terhindar dari kerugian fisik dan materi.
Kata Kunci: Pemenuhan Hak, Pasien Rawat Inap, Layanan Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 Feb 2022 01:01
Last Modified: 17 Feb 2022 01:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13369

Actions (login required)

View Item
View Item