Kajian New Historicism Terhadap Kumpulan Puisi Museum Penghancur Dokumen Karya Afrizal Malna


Palogai, Ibnu Sina (2022) Kajian New Historicism Terhadap Kumpulan Puisi Museum Penghancur Dokumen Karya Afrizal Malna. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
F032191010_tesis_08-02-2022 1-2.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F032191010_tesis_08-02-2022 cover.png

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
F032191010_tesis_08-02-2022 dp.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F032191010_tesis_08-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

IBNU SINA PALOGAI Kajian New Historicism Terhadap Kumpulan Puisi Museum Penghancur Dokumen Karya Afrizal Malna (dibimbing oleh Inriati Lewa dan Gusnawaty)

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan ekspresi kepengarangan Afrizal Malna secara biografis melalui kumpulan puisi Museum Penghancur Dokumen; (2) menemukan simbolik-struktural yang terepresentasi dalam kode-kode teks sastra melalui kumpulan puisi Museum Penghancur Dokumen; (3) menginterpretasi kode-kode teks sastra dalam kumpulan puisi Museum Penghancur Dokumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan puitika kultural yang berangkat dari New Historicism. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, bait, dan puisi yang menunjukkan ekspresi kepengarangan dan kode-kode teks sastra. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen sumber, seperti buku-buku teori sastra, transkrip wawancara, dan buku Museum Penghancur Dokumen karya Afrizal Malna. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode nonprobabilitas berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyajian hasil penelitian.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) ekspresi kepengarangan yang hadir dalam buku puisi Museum Penghancur Dokumen bertaut erat dengan aspek biografis Malna yang terekonstruksi oleh sejumlah peristiwa sejarah, di antaranya peristiwa PRRI, gejolak ekonomi pada masa pemerintahan Soekarno, aktivitas di Rakyat Miskin Kota pada masa reformasi, dan upayanya untuk melintasi berbagai medium karya di luar sastra; (2) kode teks sastra yang ditemukan dalam buku puisi Museum Penghancur Dokumen antara lain mengarah pada konstruksi identitas, upaya pembaharuan sebuah konsep yang telah mapan, dan politik bahasa; (3) relasi antara ekspresi kepengarangan Afrizal Malna dan kode teks sastra dalam kumpulan puisi Museum Penghancur Dokumen menghadirkan wacana hegemoni puisi liris dalam perkembangan sejarah puisi Indonesia, kritik pada masa Orde Baru, dan peristiwa yang mengonstruksi identitas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci. Museum Penghancur Dokumen, puitika kultural, new historicism
Subjects: P Language and Literature > PE English
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:39
Last Modified: 15 Feb 2022 02:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13318

Actions (login required)

View Item
View Item