PENGARUH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR, PSYCHOLOGICAL WELL-BEING, HEALTHY LIFESTYLE, DAN SPIRITUAL QUOTIENT TERHADAP KINERJA AUDITOR (Studi Pada Inspektorat Provinsi Sulsel) = THE EFFECT OF ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR, PSYCHOLOGICAL WELL BEING, HEALTHY LIFESTYLE, AND SPIRITUAL QUOTIENT ON AUDITOR PERFORMANCE (Study on The Inspectorate Sulsel Province)


Cibu, Andi Yusril (2022) PENGARUH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR, PSYCHOLOGICAL WELL-BEING, HEALTHY LIFESTYLE, DAN SPIRITUAL QUOTIENT TERHADAP KINERJA AUDITOR (Studi Pada Inspektorat Provinsi Sulsel) = THE EFFECT OF ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR, PSYCHOLOGICAL WELL BEING, HEALTHY LIFESTYLE, AND SPIRITUAL QUOTIENT ON AUDITOR PERFORMANCE (Study on The Inspectorate Sulsel Province). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A062191005_tesis_04-02-2022 cover.png

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A062191005_tesis_04-02-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A062191005_tesis_04-02-2022 dp.pdf

Download (839kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A062191005_tesis_04-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel organizational citizenship behaviour, psychological well-being, healthy lifestyle dan spiritual quotient terhadap kinerja auditor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di kantor Inspektorat provinsi Sulawesi Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunkan metode random sampling dengan total sampel sebanyak 35 orang responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dengan membagikan kuesioner untuk para responden di Inspektorat provinsi Sulawesi Selatan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Organizational Citizenship Behaviour, psychological well-being, dan healty lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor Sedangkan spiritual quotient tidak berpengaruh terhadap kinerja auditor.
Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya bagi para auditor untuk senantiasa menjaga pola hidup sehat yang baik, menciptakan psychologicall well being yang baik dan juga menerapkan sikap OCB dalam menjalankan tugasnya sebagai pemeriksa. Pola hidup sehat yang baik akan memberikan kebugaran dan meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh yang baik sehingga akan membuat kinerja auditor menjadi lebih baik dalam menjalankan penugasan auditnya. Tingkat psychological well being yang tinggi akan membuat auditor selalu merasa nyaman meskipun dalam tekanan kerja yang tinggi. Sementara auditor yang memiliki sikap OCB yang dominan cenderung merasa menjadi bagian dari organisasi oleh karena itu auditor yang memiliki rasa tanggungjawab akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan instansi.
Keywords : Organizational Citizenship Behaviour, Psychological Well-Being, Healthy Lifestyle, Kinerja Auditor, Spiritual Quotient.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:32
Last Modified: 15 Feb 2022 02:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13300

Actions (login required)

View Item
View Item