EFEKTIFITAS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN YANG BERIMPLIKASI PIDANA YANG DITANGANI OLEH BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN


Fiscarina, Andi Adwiyah (2022) EFEKTIFITAS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN YANG BERIMPLIKASI PIDANA YANG DITANGANI OLEH BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
B012191087_tesis_02-12-20211.png cover.png

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
B012191087_tesis_02-12-2021.pdf 1-2.pdf

Download (738kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
B012191087_tesis_02-12-2021.pdf dp.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of full taxt] Text (full taxt)
B012191087_tesis_02-12-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Adwiyah Fiscarina (B012191087). Efektifitas Penyelesaian Sengketa Konsumen Yang Berimplikasi Pidana Yang Ditangani Oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Dibimbing oleh Muhadar dan Wiwie Heryani.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan sanksi pidana tentang penyelenggaraan perlindungan konsumen. Dan Untuk menganalisis dan memberikan solusi kendala penerapan sanksi pidana penyelenggaraan pertindungan konsumen
Tipe penelitian ini adalah empiris. Metode yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh baik data sekunder maupun data primer akan diolah dengan melakukan klasifikasi berdasarkan kesamaan dan perbedaan karakteristik datanya.
Hasil penilitian ini menunjukan bahwa efektifitas penyelesaian sengketa konsumen tentang penyelenggaraan perlindungan konsumen sudah berjalan tetapi belum efektif sehingga perlu dimaksimalkan, artinya dapat dilihat dalam penyelesaian perkara yang dialami konsumen, pendekatannya melibatkan semua unsur dalam perkara. Kendala penyelesaian penyelenggaraan perlindungan konsumen yang dapat dianalisis ada tiga hambatan yaitu: pertama, pengawasan pelaksanaan sanksi, oleh aparat penegak hukum belum maksimal dalam menjatuhkan sanksi dan sebaiknya harus benar-benar serius. Kedua, tanggung jawab, belum adanya tanggung jawab pelaku usaha yang biasanya berimplikasi pada delik penipuan atau penggelapan. Ketiga, pengetahuan dan pemahaman hukum yang masih kurang sehingga biasa kelemahan ini disalahgunakan oleh pelaku usaha.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, sanksi pidana, perlindungan konsumen.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:48
Last Modified: 10 Feb 2022 07:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13186

Actions (login required)

View Item
View Item