SISTEM MONITORING DAN KONTROL SIRKULASI AIR TANAMAN HIDROPONIK SELADA BERBASIS INTERNET OF THINGS PADA SISTEM DEEP FLOW TECHNIQUE = SYSTEM OF WATER CIRCULATION MONITORING AND CONTROL OF HYDROPONIC LETTAGE PLANTS BASED ON INTERNET OF THINGS IN DEEP FLOW TECHNIQUE SYSTEM


Atori, Muhammad Akbar (2022) SISTEM MONITORING DAN KONTROL SIRKULASI AIR TANAMAN HIDROPONIK SELADA BERBASIS INTERNET OF THINGS PADA SISTEM DEEP FLOW TECHNIQUE = SYSTEM OF WATER CIRCULATION MONITORING AND CONTROL OF HYDROPONIC LETTAGE PLANTS BASED ON INTERNET OF THINGS IN DEEP FLOW TECHNIQUE SYSTEM. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H13116503_skripsi_04-02-2022 cover.png

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H13116503_skripsi_04-02-2022 1-2.pdf

Download (887kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H13116503_skripsi_04-02-2022 dp.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H13116503_skripsi_04-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Pemanfaatan hidroponik untuk produksi tanaman selada merupakan solusi untuk menghasilkan komoditas yang bebas residu pestisida, mikroorganisme berbahaya dan kualitas produk yang dihasilkan lebih seragam. Tetapi dalam menanam hidroponik ada beberapa kendala yang sering dialami oleh pembudidaya yaitu, tidak beroperasinya alat ukur dengan baik atau alat ukur memberikan data hasil pengukuran yang salah, keterbatasan waktu untuk memeriksa kondisi tanaman, daun tanaman yang tidak tumbuh dengan normal, berkurangnya kemampuan akar tanaman dalam menyerap air dan ion-ion nutrisi, dan layunya tanaman yang disebabkan karena tidak tersedianya air untuk diserap oleh akar. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat alat dan aplikasi yang dapat melakukan monitoring berdasarkan masalah pembudidaya dengan nilai akurasi yang baik menggunakan metode regresi Linier sederhana, korelasi pearson, akurasi serta membuat beberapa sistem kontrol seperti kontrol pH, suhu lingkungan, bak penampungan, dan penyiraman. Metode yang digunakan adalah metode waterfall. Dari hasil penelitian yang dilakukan telah berhasil dibuat aplikasi dan alat yang dapat memonitoring tanaman selada dengan nilai sesuai dengan spesifikasi sensor. Uji monitoring aplikasi berjalan dengan lancar selama jaringan internet tersedia dengan catatan pin yang dideklarasikan pada program dan virtual pin pada aplikasi blynk sesuai. Uji kontrol berupa kontrol pH, bak penampungan, suhu, dan penyiraman dapat bekerja sesuai dengan inputan pada aplikasi.
Keywords : Internet of Things, Blynk, Arduino Mega 2560, Selada, Deep Flow technique

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:30
Last Modified: 10 Feb 2022 07:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13163

Actions (login required)

View Item
View Item