FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERJALAN KAKI DALAM MENDUKUNG TERCIPTANYA WALKABLE CITY DI SEKITAR FORT ROTTERDAM MAKASSAR


Alpat, Syamsuardi (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERJALAN KAKI DALAM MENDUKUNG TERCIPTANYA WALKABLE CITY DI SEKITAR FORT ROTTERDAM MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
P052171012_tesis_08-12-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
P052171012_tesis_08-12-2021.pdf 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
P052171012_tesis_08-12-2021.pdf dp.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P052171012_tesis_08-12-20211.png cover.png

Download (171kB) | Preview

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Syamsuardi Alpat. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berjalan Kaki Dalam Mendukung Terciptanya Walkable City Di Kawasan Fort Rotterdam Makassar.(Dibimbing oleh Arifuddin Akil dan Mimi Arifin).
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat berjalan kaki di sekitar Fort Rotterdam Makassar dan mengidentifikasi solusi untuk meningkatkan minat berjalan kaki di sekitar Fort Rotterdam Makassar.
Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix methode yang menggabungkan analisis kualitatif berupa observasi dan data wawancara serta analisis kuantitatif dengan penyebaran kuisioner yang datanya diolah menggunakan SmartPLS.
Hasil penelitian menemukan bahwa Keindahan dan kenyamanan merupakan faktor yang dapat menudukung peningkatan minat berjalan kaki di sekitar Fort Rotterdam karena daerah ini merupakan daerah wisata yang memadukan wisata alam yakni di wilayah Losari dan Kota Tua serta ruang hijau yang indah dan nyaman. Adapun keamanan berjalan kaki di sekitar Fort Rotterdam belum menunjukkan pengaruh signifikan terhadap minat berjalan kaki karena fasilitas pejalan kaki (trotoar) yang kondisinya buruk masih terdapat di beberapa titik serta belum adanya keamanan dalam hal penyebrangan ketika berjalan kaki. Selanjutnya keselamatan dalam berjalan kaki saat ini lebih ditentukan oleh fasilitas pendukung umum serta kondisi pandemi Covid-19 yang dianggap menjadi ancaman bagi kesehatan ketika melakukan aktivitas berjalan kaki. Solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat berjalan kaki di masa pandemic Covid-19 yakni memperbaiki desain area pejalan kaki di sekitar Fort Rotterdam yang cenderung berorientasi ke protocol Covid-19 seperti kursi taman agar dibuat tunggal dan berjarak, disediakan tempat cuci tangan dengan jarak tertentu serta menyediakan CCTV pengawas jarak berjalan kaki. Selanjutnya yang perlu dibenahi yakni area penyeberangan agar dapat meningkatkan keamanan pejalan kaki saat menyeberang.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Waklable City, Minat berjalan kaki, Fort Rotterdam, Makassar
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TP Chemical technology
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 04 Feb 2022 08:05
Last Modified: 04 Feb 2022 08:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13042

Actions (login required)

View Item
View Item