DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) TERHADAP KESEHATAN MENTAL MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN ANGKATAN 2018 DAN 2020


Azzahra, Inaz (2022) DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) TERHADAP KESEHATAN MENTAL MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN ANGKATAN 2018 DAN 2020. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
C011181527_skripsi_15-12-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
C011181527_skripsi_15-12-2021.pdf 1-2.pdf

Download (773kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
C011181527_skripsi_15-12-2021.pdf dp.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C011181527_skripsi_15-12-20211.png cover.png

Download (226kB) | Preview

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Pada tahun 2019, dunia dikejutkan dengan penemuan virus berukuran 125 nm (0,125 mikrometer), virus tersebut ditemukan pertama kali di kota Wuhan, China. Virus ini kemudian diberi nama Sars Cov-2 yang kemudian menyebabkan pandemic secara global dan dikenal saat ini sebagai COVID-19 (Corona virus disease 2019). Virus ini menyebabkan penyakit pernafasan akut dengan masa inkubasi aktif selama kurang lebih 14 hari dengan tingkat penyebaran yang cepat. Pada tanggal 30 januari 2020 organisasi Kesehatan dunia yaitu World Health Organization (WHO) mendeklarasikan bahwa Sars Cov-2 atau COVID-19 menjadi penyakit darurat Kesehatan masyarakat (Safitri et al., no date). Menurut Charismiadji, 2020 Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 menganjurkan metode pembelajaran jarak jauh baik di sekolah maupun di perguruan tinggi sebagai upaya pencegahan terhadap virus COVID-19 (Hasanah et al., 2020a). Perubahan metode pembelajaran dari luring menjadi daring selain mengakibatkan kecemasan juga mengakibatkan stres dan depresi.
Tujuan Penelitian: Penelitian ini betujuan untuk mengukur sejauh mana dampak Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin.
Metode Penelitian: Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian metode cross sectional. Pada penelitian ini, peneliti akan mencoba untuk melakukan analisa variable independent terhadap variable dependen. Metode pengambilan sampel menggunkan metode quota sampling serta memenuhi kriteria eksklusi dan inklusi.
Hasil yang diharapkan: Dapat menjadi informasi bagi mahasiswa dalam melakukan tindakan preventif guna mencegah gangguan mental.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Depresi, Kecemasan, Stres, Mahasiswa.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 02 Feb 2022 06:40
Last Modified: 02 Feb 2022 06:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12963

Actions (login required)

View Item
View Item