Kinayah dalam Surah Al-Maidah dan Al-An'am (Tinjauan Balagah)


Ar, Karina Eka Pratiwi (2022) Kinayah dalam Surah Al-Maidah dan Al-An'am (Tinjauan Balagah). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
SKRIPSI KARINA EKA PRATIWI AR 31 cover.png

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
SKRIPSI KARINA EKA PRATIWI AR 31 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
SKRIPSI KARINA EKA PRATIWI AR 31 dp.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
SKRIPSI KARINA EKA PRATIWI AR 31.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini membahas tentang Kinayah yaitu salah satu cabang ilmu Bayan dalam ilmu Balagah yang membahas tentang makna. Kinayah merupakan ilmu yang mempelajari tentang suatu tuturan yang diungkapkan untuk menunjukkan suatu makna tertentu yang dikehendaki, tetapi juga boleh dipahami dalam pengertian yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menampilkan ayat-ayat Kinayah dalam QS Al Maidah dan QS Al An’am, mengklasifikasi Kinayah berdasarkan jenis-jenisnya dalam QS Al Maidah dan QS Al An’am, mengklasifikasi Kinayah berdasarkan tujuan pengungkapannya.
Penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kepustakaan. Data berupa ayat-ayat Al Qur’an yang beruslub Kinayah dan sumber data berupa Al Qur’am surah Al Maidah dan Al An’am. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak yaitu dengan cara membaca, mencatat dan menulis. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif.
Secara keseluruhan, hasil penelitian Kinayah yang terdapat dalam surah Al Maidah dan Al An’am berjumlah 29 data yang dianalisis berdasarkan jenisnya, yaitu: Kinayah Shifah sebanyak 3 ayat pada surah Al Maidah dan tidak terdapat pada surah Al An’am. Kinayah Maushuf sebanyak 16 ayat, 9 ayat pada surah Al Maidah dan 7 ayat pada surah Al An’am. Kinayah Nisbah sebanyak 10 ayat, 2 ayat pada surah Al Maidah dan 8 ayat pada surah Al An’am. Sedangkan untuk analisis berdasarkan tujuannya, terdapat 5 tujuan, yaitu: untuk menjelaskan, untuk memperindah makna, untuk mengingat pada kebesaran Allah, untuk menjelekkan sesuatu, untuk menggantikan kata yang dianggap tidak pantas untuk diungkapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Asia Barat
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 31 Jan 2022 06:35
Last Modified: 31 Jan 2022 07:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12922

Actions (login required)

View Item
View Item