Dhamayanti, Anisyah Putri (2022) Hubungan Screen Time Selama Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pola Tidur Anak Usia 6 - 12 Tahun pada Masa Pandemi Covid - 19 = The Relationship of Distance Learning Screen Time to Sleep Patterns Among 6 - 12 Years Old Children During Covid - 19 Pandemic. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
C011181507_skripsi_25-01-20221 cover.jpg
Download (298kB) | Preview
C011181507_skripsi_25-01-2022 Bab1-2.pdf
Download (1MB)
C011181507_skripsi_25-01-2022 Dapus.pdf
Download (1MB)
C011181507_skripsi_25-01-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang: Pola tidur yang baik dapat memberikan berbagai dampak baik untuk tubuh, namun pola tidur dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah jumlah screen time. Pandemi Covid-19 mengharuskan anak melakukan pembelajaran jarak jauh sehingga meningkatkan jumlah screen time karena penggunaan media elektronik selama belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan screen time selama pembelajaran jarak jauh terhadap pola tidur anak usia 6 – 12 tahun.
Metode: Penelitian analitik desain cross-sectional dilakukan sejumlah 96 anak usia 6 – 12 tahun di Wilayah Kerja Puskesmas Kassi Kassi pada September – Desember 2021. Kuesioner yang digunakan adalah SDSC (Sleep Distubance Scale for Children) dan kuesioner Screen Time. Data dianalisis dengan analisis univariat dan analisis bivariat (Chi-Square).
Hasil: Penelitian ini menunjukkan sejumlah 80 anak (83,3 persen) terpapar screen time selama pembelajaran jarak jauh selama ≥ 2 jam, screen time di luar pembelajaran jarak jauh ≥ 3 jam sejumlah 61 anak (63,5 persen), total screen time ≥ 6 jam sejumlah 55 anak (57,3 persen), dan aplikasi yang paling sering digunakan adalah media sosial sejumlah 39 anak (40,6 persen). Hasil uji Chi-square screen time di selama pembelajaran jarak jauh dengan pola tidur adalah p= 0,410, screen time di luar pembelajaran jarak jauh dengan pola tidur memiliki nilai p=0,270, total screen time dengan pola tidur memiliki nilai p=0,048, jenis aplikasi dengan pola tidur memiliki nilai p=0,005.
Kesimpulan: Screen time selama pembelajaran jarak jauh tidak berhubungan dengan pola tidur, begitu juga screen time di luar pembelajaran jarak jauh. Namun, total screen time dan jenis aplikasi yang sering digunakan berhubungan dengan pola tidur.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Depositing User: | Dr. Iskandar Iskandar |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 08:16 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 08:16 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12908 |