Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Masyarakat Pesisir (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Lonrae, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone)


Marsad, Irna Fitria (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Masyarakat Pesisir (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Lonrae, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116001_skripsi_25-11-20211.png cover.....OK.png

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of Bab1-2] Text (Bab1-2)
G21116001_skripsi_25-11-2021.pdf 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116001_skripsi_25-11-2021.pdf dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116322_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini merupakan penelitian mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Masyarakat Pesisir (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Lonrae Kecematan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone). Penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kemiskinan masyarakat pesisir dan juga Menganalisis hubungan dan pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi kemiskinan terhadap kemiskinan masyarakat pesisir. Analisis ini menggunakan variabel laten eksogen yaitu: modal aset atau fisik, sumber daya manusia, dan modal usaha. Variabel laten endogennya yaitu: aktivitas ekonomi dan kemiskinan. Sampel penelitian ini adalah masyarakat pesisir di Kelurahan Lonrae sebanyak 99 orang. Dalam perhitungan sampel digunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuisioner dan wawancara langsung serta observasi pada lokasi penelitian. Analisis kuantitatif diolah dengan menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang menggunakan aplikasi Partial Least Square (PLS) 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) Variabel Modal aset/fisik, modal usaha, dan aktivitas ekonomi signifikan terhadap kemiskinan. Sedangkan variabel sumber daya manusia tidak signifikan terhadap kemiskinan; 2) Kemiskinan di kelurahan Lonrae di pengaruhi oleh terbatasnya aset yang dimiliki masyarakat pesisir (nelayan) dalam menunjang kegiatan melaut, Kecilnya modal usaha yang digunakan dalam membiayai berbagai keperluan usaha dan terbatasnya aktivitas di bidang ekonomi yang bisa dilakoni masyarakat pesisir; 3) sumber daya manusia tidak signifikan terhadap kemiskinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemiskinan, Masyarakat Pesisir, Structural Equation Modeling
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 26 Jan 2022 06:49
Last Modified: 26 Jan 2022 06:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12758

Actions (login required)

View Item
View Item