Analisis Gender terhadap Motivasi Orientasi Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Kabupaten Takalar = A Gender Analysis on the Students’ Motivational Orientation in Learning English at Islamic High School in Takalar Regency.


Sukri, Nur Ayu Puspita Sari (2021) Analisis Gender terhadap Motivasi Orientasi Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Kabupaten Takalar = A Gender Analysis on the Students’ Motivational Orientation in Learning English at Islamic High School in Takalar Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F022192015_tesis_24-12-20211.png cover.png

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F022192015_tesis_24-12-2021.pdf 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F022192015_tesis_24-12-2021.pdf dp.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F022192015_tesis_24-12-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

NUR AYU PUSPITA SARI SUKRI. Analisis Gender terhadap Motivasi Orientasi Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Kabupaten Takalar. (dibimbing oleh Nasmilah and Ria Rosdiana Jubhari)

Penelitian ini bertujuan (1) mengukur tingkat motivasi orientasi belajar Bahasa Inggris yang dimiliki oleh siswa Madrasah Aliyah Kabupaten Takalar dan (2) mengungkap faktor penyebab perbedaan motivasi orientasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Kabupaten Takalar.
.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran, yaitu kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa kuesioner tertutup dan kuesioner terbuka yang diperkuat dengan penggunaan teori Gardner dan Lambert (1959).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan tingkat motivasi orientasi yang dimiliki oleh siswa laki-laki dan perempuan. Laki-laki memiliki instrumental motivasi orientasi yang tinggi (72.50%), sedangkan perempuan hanya (67,5%). Di samping itu, perempuan meraih tingkat tertinggi pada integratif motivasi orientasi dengan persentase 92,50% dan laki-laki meraih 80% (ada perbedaan tingkat motivasi orientasi antara laki-laki dan perempuan) dan (2) terdapat beberapa faktor yang menyebabkan perbedaan motivasi orientasi antara siswa laki-laki dan perempuan seperti peranan gender, metode pengajaran, kompetensi komunikatif, tipe motivasi, sistem yang diterapkan pada sekolah Madrasah Aliyah. Oleh karena itu, terdapat identitas gender yang gigunakan untuk mengevaluasi dan memandu kebiasaan atau perilaku mereka.
Keywords : motivasi orientasi, integratif, instrumental, gender

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:57
Last Modified: 19 Jan 2022 02:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12591

Actions (login required)

View Item
View Item