Kolaborasi dalam Program Inovasi Delivery Passport Service di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Makassar = Collaboration in the Delivery Passport Service Innovation Program at the Makassar City Immigration Office Class I


Rudi, Rudi (2021) Kolaborasi dalam Program Inovasi Delivery Passport Service di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Makassar = Collaboration in the Delivery Passport Service Innovation Program at the Makassar City Immigration Office Class I. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E013171016_disertasi_24-12-20211.png cover.png

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E013171016_disertasi_24-12-2021.pdf 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E013171016_disertasi_24-12-2021.pdf dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E013171016_disertasi_24-12-2021.pdf

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

RUDI. Kolaborasi dalam Program Inovasi Delivery Passport Service di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Makassar. (dibimbing oleh Armin, Hasniati, Muhammad Rusdi)

Penelitian ini bertujuan menganalisis (1) proses kolaborasi; (2) pencapaian hasil kolaborasi; dan (3) menemukan model manajemen kolaborasi dalam program inovasi delivery passport service di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui pereduksian data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses kolaborasi yang dilakukan Imigrasi Kelas I Kota Makassar dengan PT.Pos Indonesia Cabang Makassar yakni adanya tujuan pengelolaan kolaborasi untuk memudahkan dalam pelayanan paspor, kompromi yang mengacu pada kesepakatan formal, komunikasi secara terbuka dan kesetaraan dalam pengambilan keputusan, komitmen dan kepercayaan sebagai kekuatan dalam menentukan keberhasilan dalam penyelenggaraan program inovasi delivery passport service. (2) aspek pencapaian hasil dari kolaborasi menunjukkan bahwa masyarakat dalam menggunakan jasa delivery passport service yakni angka persentase pada tahun 2018 rata-rata 1,23% dan tahun 2019 rata-rata 2,30%, pencapaian hasil masih relatif rendah, akan tetapi masyarakat sebagai pengguna jasa layanan delivery passport merasakan dampak terhadap program ini, karena adanya kemudahan dalam pelayanan paspor (3) karakteristik model manajemen kolaborasi yang dicirikan dalam penyelenggaraan program inovasi delivery passport service yakni model manajemen jurisdiction-based, yang merupakan model yang menekankan pada alasan strategis, melalui kesepakatan yang berdasarkan yurisdiksi.
Keywords : Model manajemen kolaborasi, program inovasi, delivery passport service

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Jan 2022 00:54
Last Modified: 25 Apr 2024 03:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12573

Actions (login required)

View Item
View Item