Efikasi Drainase Terhadap Outcome Total Knee Arthroplasty Tidak Lebih Baik Dibandingkan Dengan Tanpa Drainase : Suatu Tinjauan Sistematis = EFFICACY OF DRAINAGE IS NOT SUPERIOR THAN WITHOUT DRAIN ON TOTAL KNEE ARTHROPLASTY : A SYSTEMATIC REVIEW


Kadir, Nurul Afiah (2021) Efikasi Drainase Terhadap Outcome Total Knee Arthroplasty Tidak Lebih Baik Dibandingkan Dengan Tanpa Drainase : Suatu Tinjauan Sistematis = EFFICACY OF DRAINAGE IS NOT SUPERIOR THAN WITHOUT DRAIN ON TOTAL KNEE ARTHROPLASTY : A SYSTEMATIC REVIEW. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C011181385_skripsi_29-12-20211.png cover.png

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C011181385_skripsi_29-12-2021.pdf 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C011181385_skripsi_29-12-2021.pdf dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C011181385_skripsi_29-12-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Meskipun total knee arthroplasty memiliki tingkat kesuksesan yang tinggi, namun dalam pengerjaannya masih dapat terjadi komplikasi yang dapat memengaruhi keluaran dari operasi ini, sehingga untuk mencegah komplikasi tersebut, maka digunakan drainase sebagai salah satu perawatan post operatif. Beberapa tahun terakhir ini, penggunaan drainase menjadi perdebatan dalam dunia ortopedi dikarenakan bahwa penggunaan alat ini justru meningkatkan komplikasi pada total knee arthroplasty. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan telaah sistematis mengenai perbandingan outcome operasi sendi lutut apabila menggunakan drainase dengan cara konvensional.
Metode Penelitian: Dengan mengikuti kaidah PRISMA 2020, dilakukan narrative systematic review dengan mengambil studi randomized controlled trial, cohort, dan case control yang meneliti mengenai perbandingan penggunaan drainase dengan (tanpa drain) pada pasien total knee arthroplasty pada Pubmed, Cochrane, dan Wiley Online Library serta referensi dalam artikel yang dipublikasi dalam 10 tahun terakhir dan berbahasa Inggris.
Hasil: Dilakukan qualitative synthesis pada sebelas studi yang mengukur beberapa parameter, seperti volume kehilangan darah, transfusi darah, kejadian infeksi, range of motion, dan lama rawat di rumah sakit. Setelah melakukan analisis, didapatkan bahwa penggunaan drainase meningkatkan volume kehilangan darah, kejadian transfusi darah serta infeksi, membatasi range of motion pada hari-hari awal post operatif, dan meningkatkan lama rawat di rumah sakit, tetapi menurunkan volume kehilangan darah tersembunyi. Namun, perbedaan yang didapatkan tidak signifikan secara statistik.
Kesimpulan: Manfaat drainase terhadap keluaran total knee arthroplasty tidak lebih baik dari perawatan post operatif konvensional tanpa drainase.
Kata Kunci: Drainase, perawatan post-operatif, total knee arthroplasty, total knee replacement
Kepustakaan: 37 Referensi
Keywords : Drainase, perawatan post operatif, total knee arthroplasty, total knee replacement

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:50
Last Modified: 18 Jan 2022 05:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12486

Actions (login required)

View Item
View Item