HUBUNGAN OBESITAS DENGAN KEJADIAN PENYAKIT HIPERTENSI DI PUSKESMAS GLOBAL TIBAWA KABUPATEN GORONTALO = THE RELATIONSHIP BETWEEN OBESITY AND HYPERTENSION DISEASE IN THE GLOBAL HEALTH CENTER OF TIBAWA, GORONTALO REGENCY


Djafar, Shintia (2021) HUBUNGAN OBESITAS DENGAN KEJADIAN PENYAKIT HIPERTENSI DI PUSKESMAS GLOBAL TIBAWA KABUPATEN GORONTALO = THE RELATIONSHIP BETWEEN OBESITY AND HYPERTENSION DISEASE IN THE GLOBAL HEALTH CENTER OF TIBAWA, GORONTALO REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C011181348_skripsi1.png cover.png

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C011181348_skripsi.pdf 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C011181348_skripsi.pdf dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C011181348_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Penyakit Hipertensi dikenal sebagai silent killer, karena berkontribusi terhadap kejadian penyakit kardiovaskuler, Stroke dan kematian dini. Ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya hipertensi, yaitu obesitas. Hipertensi dapat disebabkan oleh obesitas melalui mekanisme langsung atau tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara obestas dengan kejadian penyakit hipertensi.
Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah penelitiaan cross sectional dengan model pendekatan point time. Sampel berjumlah 113 orang yang diambil pada pasien yang memiliki riwayat obesitas dan hipertensi di puskesmas Tibawa. Penelitian ini menggunakan uji sampel chi-square untuk mengetahui hubungan antara obesitas dengan penyakit hipertensi.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian menujukkan terdapat hubungan yang signifikan antara obesitas dengan kejadian penyakit hipertensi (p=0,006).
Kesimpulan: Obesitas memiliki hubungan dengan kejadian penyakit hipertensi dengan risiko paling tinggi berada pada usia >45 tahun. Disarankan untuk menjaga berat badan yang ideal karena semakin tidak terkontrol kenaikan berat semakin tinggi pula risiko terkena hipertensi
Keywords : Faktor Risiko Hipertensi, Hipertensi, Obesitas, Kardiovaskuler

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:45
Last Modified: 18 Jan 2022 05:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12470

Actions (login required)

View Item
View Item