GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI RADIOLOGI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR = Patient Satisfaction level on service quality at the Radiology Installation of Hasanuddin University Hospital - Makassar


Junaedi, Amna Widari (2022) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI RADIOLOGI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR = Patient Satisfaction level on service quality at the Radiology Installation of Hasanuddin University Hospital - Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C011171383_skripsi_24-12-20211.png cover.png

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C011171383_skripsi_24-12-2021.pdf 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C011171383_skripsi_24-12-2021.pdf dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C011171383_skripsi_24-12-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

AMNA WIDARI JUNAEDI. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Makassar (dibimbing oleh dr. Nur Amelia Bachtiar, MPH, Sp.Rad)
Instalasi radiologi merupakan salah satu fasilitas yang telah lama dikenal sebagai suatu alat yang dapat membantu dalam menegakkan diagnosis dan tindakan yang tepat bagi pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Bagian Radiologi Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Makassar. Penelitian dilakukan dari Bulan November 2020 sampai dengan Januari 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Pada penelitian ini, kepuasan pasien ditetapkan sebagai variable dependen. Sedangkan variable independennya adalah kehandalan, jaminan, bukti fisik, empati, dan tanggap. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil uji chi square menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan variabel kehandalan (p=<0.001), jaminan (p=<0.001), bukti fisik (p=<0.001), empati (p=<0.001), dan daya tanggap (p=<0.001) terhadap kepuasan pasien. Hasil memberikan gambaran kuat bahwa pelayanan di Bagian Radiologi Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Makassar sangat memuaskan.
Kata Kunci: Radiologi, kepuasan pasien, kualitas pelayanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:21
Last Modified: 18 Jan 2022 05:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12404

Actions (login required)

View Item
View Item