Junaedi, Amna Widari (2022) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI RADIOLOGI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR = Patient Satisfaction level on service quality at the Radiology Installation of Hasanuddin University Hospital - Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
C011171383_skripsi_24-12-20211.png cover.png
Download (112kB) | Preview
C011171383_skripsi_24-12-2021.pdf 1-2.pdf
Download (1MB)
C011171383_skripsi_24-12-2021.pdf dp.pdf
Download (1MB)
C011171383_skripsi_24-12-2021.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
AMNA WIDARI JUNAEDI. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Makassar (dibimbing oleh dr. Nur Amelia Bachtiar, MPH, Sp.Rad)
Instalasi radiologi merupakan salah satu fasilitas yang telah lama dikenal sebagai suatu alat yang dapat membantu dalam menegakkan diagnosis dan tindakan yang tepat bagi pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Bagian Radiologi Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Makassar. Penelitian dilakukan dari Bulan November 2020 sampai dengan Januari 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Pada penelitian ini, kepuasan pasien ditetapkan sebagai variable dependen. Sedangkan variable independennya adalah kehandalan, jaminan, bukti fisik, empati, dan tanggap. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil uji chi square menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan variabel kehandalan (p=<0.001), jaminan (p=<0.001), bukti fisik (p=<0.001), empati (p=<0.001), dan daya tanggap (p=<0.001) terhadap kepuasan pasien. Hasil memberikan gambaran kuat bahwa pelayanan di Bagian Radiologi Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Makassar sangat memuaskan.
Kata Kunci: Radiologi, kepuasan pasien, kualitas pelayanan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 05:21 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 05:21 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12404 |