Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Organisisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Bouven Digoel = The Influence of Leadership and Organizational Culture on Job Satisfaction and Organizational Commitment at the Village Community Empowerment Service, Bouven Digoel Regency


Wagunop, Yeremias (2021) Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Organisisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Bouven Digoel = The Influence of Leadership and Organizational Culture on Job Satisfaction and Organizational Commitment at the Village Community Empowerment Service, Bouven Digoel Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012182060_tesis1.png COVER.png

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012182060_tesis.pdf 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012182060_tesis.pdf DP.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012182060_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Yeremias Wagunop. Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Organisisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Bouven Digoel. (Dibimbing langsung oleh Muhammad Ismail dan Sumardi).
Penelitian ini berfokus pada komitmen organisasional pegawai memiliki peran yang penting dan strategis dalam mendukung kelangsungan hidup dan perkembangan institusi, dimana penulis tertarik untuk melakukan penelitian empiris tentang Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Pegawai Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung".
Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif pada proses Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung yakni 123 orang. Dengan metode sample sebanyak 100 orang.
Hasil menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan, variabel budaya organisasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Boven Digoel. Selain itu penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi pada Dinas perhubungan kabupaten Boven Digoel. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan dan variabel budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi pada Dinas Pemberdayaan masyarakat kampong kabupaten Boven Digoel jika dimediasi oleh kepuasan kerja.
Keywords: Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:40
Last Modified: 18 Jan 2022 03:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12373

Actions (login required)

View Item
View Item