PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFI DAN SOSIAL EKONOMI TERHADAP PARTISIPASI KERJA PENDUDUK LANSIA PADA SEKTOR INFORMAL DI KOTA MAKASSAR = THE EFFECT OF DEMOGRAPHIC AND SOCIO-ECONOMIC FACTORS ON EMPLOYMENT PARTICIPATION OF THE ELDERLY POPULATION IN THE INFORMAL SECTOR IN MAKASSA CITY


Andriani, Shadry (2022) PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFI DAN SOSIAL EKONOMI TERHADAP PARTISIPASI KERJA PENDUDUK LANSIA PADA SEKTOR INFORMAL DI KOTA MAKASSAR = THE EFFECT OF DEMOGRAPHIC AND SOCIO-ECONOMIC FACTORS ON EMPLOYMENT PARTICIPATION OF THE ELDERLY POPULATION IN THE INFORMAL SECTOR IN MAKASSA CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A052201009_tesis_24-12-20211.png cover.png

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A052201009_tesis_24-12-2021.pdf 1-2.pdf

Download (931kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A052201009_tesis_24-12-2021.pdf dp.pdf

Download (712kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A052201009_tesis_24-12-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

SHADRY ANDRIANI. Pengaruh Faktor Demografi dan Sosial Ekonomi terhadap Partisipasi Kerja Penduduk Lansia pada Sektor Informal di Kota Makassar. (dibimbing oleh Basri Hasanuddin dan Madris).
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh umur, pendapatan kepala rumah tangga, non labour income kepala rumah tangga, pendidikan, status keluarga, kesehatan serta jumlah tanggungan keluarga terhadap partisipasi kerja penduduk lansia pada sektor informal di Kota Makassar.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Accidental sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu konsumen yang secara kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik dengan alat analisis SPSS 25.
Hasil analisis regresi logistik menjelaskan faktor demografi dan sosial ekonomi yang berpengaruh signifikan terhadap partisipasi kerja penduduk lansia pada sektor informal di Kota Makassar meliputi variabel pendapatan kepala rumah tangga dan non labour income kepala rumah tangga. Sedangkan variabel umur dan pendidikan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap partisipasi kerja penduduk lansia pada sektor informal di Kota Makassar. Adapun variabel dummy meliputi status keluarga, kesehatan serta jumlah tanggungan keluarga secara statistik menunjukkan ada perbedaan.
Keywords : Umur, Pendapatan kepala rumah tangga, Non Labour Income Kepala Rumah Tangga, Pendidikan, Status Keluarga, Kesehatan, Jumlah tanggungan Keluarga dan Partisipasi Kerja Penduduk Lansia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Jan 2022 01:40
Last Modified: 18 Jan 2022 01:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12319

Actions (login required)

View Item
View Item