PERBANDINGAN PENGGUNAAN NOREPINEFRIN DAN FENILEFRIN TERHADAP TEKANAN DARAH SELAMA SEKSIO SESAREA MENGGUNAKAN ANESTESI SPINAL


Leonard, Luciana (2020) PERBANDINGAN PENGGUNAAN NOREPINEFRIN DAN FENILEFRIN TERHADAP TEKANAN DARAH SELAMA SEKSIO SESAREA MENGGUNAKAN ANESTESI SPINAL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C011171598_skripsi(FILEminimizer)_Hal_Judul.jpg

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C011171598_skripsi(FILEminimizer)_1-2.pdf

Download (593kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C011171598_skripsi(FILEminimizer)_Daftar Pustaka Dan Lamp..pdf

Download (251kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C011171598_skripsi(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Anestesi spinal adalah metode anestesi yang digunakan pada seksio sesarea untuk memberikan analgesia dan relaksasi otot selama proses persalinan. Namun, hipotensi yang disebabkan oleh anestesi spinal karena blokade saraf simpatis dapat mengancam keselamatan ibu melahirkan dan janin melalui penurunan perfusi otak ibu, mual atau muntah, dan penurunan perfusi uteroplasenta. Penggunaan vasopressor selama anestesi spinal pada seksio sesarea dapat menjaga stabilitas tekanan darah sehingga resiko hipotensi ibu selama persalinan berkurang. Beberapa studi menunjukkan norepinefrin dan fenilefrin merupakan jenis vasopressor yang sering kali digunakan selama anestesi spinal. Oleh karena itu review ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh penggunaan norepineferin dan fenilefrin dalam menjaga stabilitas tekanan darah selama anestesi spinal pada seksio sesarea.
Metode: Pada literatur ini dilakukan pencarian studi literatur dari berbagai database yaitu NCBI, PUBMED, dan MEDLINE menggunakan kata kunci yang sesuai topik, kemudian dilakukan penyaringan dengan kriteria yang telah ditentukan.
Hasil: Dari 195 studi diperoleh 5 studi yang sesuai kriteria yang telah ditentukan. Dari 5 studi percobaan dengan jumlah 604 sampel yang ambil secara acak, menunjukkan ada hubungan antara pemberian vasopressor norepinefrin maupun fenilefrin terhadap stabilitas tekanan darah selama seksio sesarea dengan anestesi spinal.
Kesimpulan: Berdasarkan analisa hasil penelitian, seksio sesarea dengan anestesi spinal pada kelompok yang diberikan norepinefrin lebih baik dalam menjaga stabilitas tekanan darah yang dikaitkan dengan detak jantung dan curah jantung yang lebih besar dibandingkan pada kelompok fenilefrin. Stabilitas tekanan darah yang terjaga menunjukkan kemungkinanan besar norepinefrin dalam mengurangi resiko hipotensi ibu selama anestesi pada persalinan.
Kata kunci: Norepinefrin, Fenilefrin, Tekanan Darah, Sesar, Anestesi Spinal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Dec 2020 03:56
Last Modified: 15 Dec 2020 03:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item
View Item