PENGARUH PENERBITAN SUKUK TERHADAP REAKSI HARGA DAN PERTUMBUHAN PASAR MODAL SYARIAH = THE EFFECT OF SUKUK ISSUANCE ON PRICE REACTION AND GROWTH OF SHARIA CAPITAL MARKET


Azis, Akbar (2021) PENGARUH PENERBITAN SUKUK TERHADAP REAKSI HARGA DAN PERTUMBUHAN PASAR MODAL SYARIAH = THE EFFECT OF SUKUK ISSUANCE ON PRICE REACTION AND GROWTH OF SHARIA CAPITAL MARKET. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A022172001_tesis cover.png

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A022172001_tesis 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A022172001_tesis dp.pdf

Download (869kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A022172001_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

AKBAR AZIS. Pengaruh Penerbitan Sukuk terhadap Reaksi Harga dan Pertumbuhan Pasar Modal Syariah (dibimbing oleh Cepi Pahlevi dan Erlina Pakki).
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh nilai sukuk, rating sukuk, dan risiko sukuk terhadap reaksi harga dan pertumbuhan pasar modaisyariah selama periode 2014 sampai dengan 2019. Variabel nilai sukuk diproksikan dengan nilai nominal sukuk; variabel rating dikonversikan ke dalam bentuk ordinal; variabel risiko sukuk diproksikan dengan menggunakan value at risk; dan variabel reaksi harga diukur melalui nilai rata-rata. Variabel reaksi pertumbuhan pasar diukur melalui abnormal return dan diambil nilai rata-rata. Penelitian ini menggunakan data sekunder karena tidak mengumpulkan sendiri data yang diperoleh, tetapi data yang telah dikumpulkan dan diolah melalui pihak lain, dalam hal ini Bursa Efek lndonesia dan The lndonesia Capital Market lnstitute. Data dianalisis dengan menggunakan program statistik sPSS dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel nilai sukuk berpengaruh positif dan signifikan tehadap reaksi harga sukuk; variabel rating iukuk berpengaruh positif dan signifikan tehadap reaksi harga sukuk; variabel risiko sukuk berpengaruh negatif dan signifikan tehadap reaksi harga sukuk; variabel nilai sukuk berpengaruh positif dan signifikan tehadap reaksi pertumbuhan pasar modal syariah, variabel rating sukuk berpengaruh negatif dan signifikan tehadap reaksi pertumbuhan pasar modal syariah; variabel risiko sut<uk tidak berpengaruh positif dan signifikan tehadap reaksi pertumbuhan pasar modal syariah; variabel reaksi harga sukuk tidak mampu memediasi hubungan antara nilai sukuk dan reaksi pertumbuhan pasar modal syariah; variabel reiksi harga sukuk tidak mampu memediasi hubungan antara rating sukuk dan reaksi pertumbuhan pasar modal syariah; variabel reaksi harga sukuk tidak mampu memediasi hubungan antara risiko susuk dan reaksi pertumbuhan pasar modal syariah; dan variabel reaksi harga sukuk berpengaruh positif dan signifikan tehadap reaksi pertumbuhan pasar modal syariah.
Keywords : nilai sukuk, rating sukuk, risiko sukuk, reaksi harga sukuk, reaksi pertumbuhan pasar modal

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jan 2022 04:23
Last Modified: 15 Jan 2022 04:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12285

Actions (login required)

View Item
View Item